Dua Produk Kawasaki Diluncurkan di DIY

New Ninja 250 Model Year (MY) 2019 yang diluncurkan di Hartono Mall, Sleman, Sabtu (2/2). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
06 Februari 2019 07:32 WIB Kusnul Isti Qomah Otomotif Share :

Harianjogja.com, SLEMAN–Awal Februari 2019, PT Sumber Buana Motor (SBM) meluncurkan dua produk sekaligus yakni New Ninja 250 Model Year (MY) 2019 dan varian terbaru dari keluarga W series, Kawasaki W175 di Hartono Mall, Sleman, Sabtu (2/2).

Presiden Direktur PT Sumber Buana Motor Hendra Kurniawan mengungkapkan Ninja 250 MY 2019 hadir dalam empat tipe yaitu Ninja 250 Std (Standard), Ninja 250 SE dengan MDP atau Magnetic Design Painting, Ninja 250 ABS SE, dan Ninja 250 ABS SE MDP. Menurutnya, Ninja 250 MY 2019 masih menjadi motor dengan power terbesar di kelasnya, dengan power sebesar 39 PS.

Selain itu motor ini dilengkapi dengan fitur baru yaitu smart key yang telah dilengkapi dengan fitur Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System (Kipass). Dengan fitur ini pengendara dapat mengaktifkan saklar motor dan kunci kemudi dengan menggunakan smart key, berbentuk key FOB immobilizer portable.

Sebelumnya, sistem Kipass ini telah ada di Kawasaki 1400GTR/Concours 14. Ketika smart key mendekati motor, FOB Smart Key akan mengirimkan sinyal kepada Kipass Ecu, dari Kipass Ecu sinyal dikirimkan lagi kepada ignition switch, sehingga sakelar dapat diputar ke mode on dan motor dapat menyala.

Cukup meletakkan smart key pada kantong jaket atau celana, motor dapat menyala. Pengendara tidak perlu menempelkan dan melepas kunci secara manual untuk mengoperasikan sakelar utama Ninja 250. “Pembaharuan terus kami lakukan dan kami hadirkan ke Indonesia agar konsumen semakin nyaman saat mengendarai Ninja 250,” ujar dia.

Ia menjelaskan pada FOB smart key, terdapat kunci manual di dalamnya, yang dapat digunakan untuk membuka kunci penutup tangki bahan bakar. Selain itu kunci ini juga dapat membuka kursi belakang. Selain itu juga pembeli juga akan mendapatkan kunci manual secara terpisah, untuk membuka penutup tangki.

Hanya tiga tipe yang telah dilengkapi dengan smart key yaitu Ninja 250 SE MDP, Ninja 250 ABS SE, dan Ninja 250 ABS SE MDP. Untuk tipe standar, terdiri dari warna lime green (hijau) dan hitam. Untuk tipe SE tersedia satu warna yaitu lime green/ ebony (hijau), dengan grafis Kawasaki Racing Team. Sementara tipe MDP tersedia dalam dua warna yaitu passion red/ metallic magnetic dark grey (merah) dan ebony/ metallic magnetic dark grey (abu-abu).

MDP merupakan teknik pengecatan khusus dengan menggunakan cat yang mengandung magnet sehingga menghasilkan efek 3D pada tulisan “Ninja” dibagian fairing. Khusus MDP diberi tambahan frame sliders sehingga dapat melindungi cat yang diberi efek MDP.

W Series

PT Sumber Buana motor, sebagai main dealer Kawasaki juga memperkenalkan varian terbaru dari keluarga W series, produk yang mempunyai nilai autentik dan sejarah tersendiri. Selama lebih dari 50 tahun Kawasaki memperkenalkan produk W, berawal dari W1 sebagai motor pabrikan Jepang dengan CC terbesar satu-satunya pada masanya.

Varian terbaru dari W series masih menggunakan dasar yang menyerupai dengan model sebelumnya dengan mengusung konsep Cafe Racer, yang merupakan salah satu aliran modifikasi populer dari tahun 60-an yang terkenal dengan desainnya yang sporty dan elegan, serta kental dengan image retro. Design dan style motor ini merupakan orisinal buatan Jepang dengan sentuhan ciri khas motor klasik.

Kawasaki W175 yang merupakan varian terbaru dari W series memiliki kapasitas mesin 177CC, dan rentang harga Rp30 juta-an di Indonesia. Kawasaki W175 mengusung konsep Authentic Retro sebagai pionir di market-nya. W175 Cafe hadir dalam tiga warna, yaitu metallic flat graystone, candy fire red dan pearl brilliant yellow.

“Untuk pelanggan yang menyukai tipe Cafe Racer tidak perlu memodifikasi motornya karena telah disediakan oleh kami,” ucap Hendra.

Harga & Target Penjualan

Hendra menyebutkan respons pasar yang diperoleh Kawasaki W175 sangat positif. Dalam rentan waktu satu tahun, sudah banyak terbentuk komunitas Kawasaki W175 di Indonesia. "Karena itulah KMI terus melakukan pembaruan pada W175, untuk semakin meramaikan kehadiran W175 di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Dengan adanya varian terbaru ini, maka semakin banyak pilihan yang dimiliki oleh calon konsumen Kawasaki W175," ucap dia.

General Manager PT Sumber Buana Motor Heri Setiyawan mengatakan harga jual New Ninja 250 MY 2019 mulai dari Rp69,4 juta dengan harga varian tertinggi Rp77,1 juta. Sementara, harga Kawasaki W175 Cafe untuk wilayah DIY sebesar Rp35,4 juta.

Ia menjelaskan kehadiran New Ninja 250 ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan seri Ninja di wilayah DIY, Kedu, Banyumas dari 60 unit per bulan menjadi 80 unit per bulan. "Kami tidak muluk-muluk. Kami harap Ninja baru ini bisa menyumbang 10 hingga 20 persen dari total penjualan," kata dia.

Sementara, dengan hadirnya W175 Cafe diharapkan dapat menjadi penopang penjualan seri W dengan menyumbang 60% dari total penjualan. Setelah masuknya varian baru ini, diharapkan penjualan seri W bisa meningkat dari 80 unit per bulan menjadi 150 unit per bulan dengan 60% ditopang W175 Cafe. "Untuk penjuakan Kawasaki, biasanya yang paling laku adalah seri tertinggi. Jadi masuk akal jika W175 Cafe mampu mendongkrak penjualan," papar dia.