Vario Dongkrak Ekspor AHM

Model berpose di atas All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125 di Jakarta, Senin (16/4). - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan
30 Januari 2019 08:31 WIB Rheisnayu Cyntara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ekspor sepeda motor skutik Honda Vario series sepanjang 2018 melonjak 94% dibandingkan tahun sebelumnya. Negara-negara Asia masih jadi tujuan utama ekspor varian ini, di antaranya Filipina, Bangladesh, Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

General Manager Overseas Business Division AHM, Kurniawati Slamet mengatakan sepanjang 2018 lalu, AHM berhasil mengekspor 60.308 unit Honda Vario series baik secara utuh (Completely Built Up atau CBU) dan terurai (Completely Knocked Down atau CKD). Sementara pada periode yang sama 2017, AHM hanya mengirim 31.008 unit Honda Vario series ke luar negeri. Selain Honda Vario series, Honda BeAT series juga memberikan kontribusi terbesar dalam lonjakan ekspor AHM tahun lalu.

Jika dihitung secara total, sepanjang 2018 AHM berhasil mengekspor sebanyak 402.102 unit sepeda motor Honda dalam bentuk CBU maupun CKD. Kurniawati menyebut pencapaian ekspor ini meningkat 48% dibandingkan pencapaian ekspor pada tahun sebelumnya. Model sekuter memberikan sumbangsih ekspor sebanyak 193.958 unit, tipe motor bebek tercatat 168.927 unit, dan tipe sport 39.217 unit. "Permintaan yang tinggi dari pasar ekspor terhadap sepeda motor Honda Vario series berteknologi eSP karena model ini memberikan keseimbangan antara performa dan konsumsi bahan bakar yang irit. Angka ekspor kami terus meningkat, bahkan hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya," katanya, Selasa (29/1).

Tak hanya Honda Vario series, Kurniawati menuturkan AHM juga berhasil memasarkan beberapa model sepeda motor lainnya seperti Honda BeAT series Supra GTR150, Honda Blade, Honda Sonic 150, Honda CRF, Honda CBR series dan Honda CB150R Streetfire. Menurutnya untuk pengiriman ekspor secara CBU saat ini terfokus untuk Filipina dan Bangladesh. Sedangkan dalam bentuk CKD, produk sepeda motor Honda ini sudah dikirim ke negara Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

New Honda BeAT

Untuk makin menggairahkan pasar, AHM juga menyegarkan skutik terlarisnya, New Honda BeAT eSP dan New Honda BeAT Street eSP pada awal 2019 ini. Warna dan tampilan grafis baru disesuaikan dengan gaya hidup aktif remaja yang menginginkan kesan lebih agresif dan sporti.

Pada New Honda BeAT eSP, nuansa sporti ditonjolkan dengan balutan grafis baru bertema sporty fashion untuk tipe CW dan CBS serta sporty advanced untuk tipe CBS-ISS. Selain menawarkan grafis baru yang semakin atraktif, pada New Honda BeAT eSP CBS-ISS ada pilihan dua warna kombinasi baru mendampingi warna fusion magenta black, yaitu electro blue black dan soul red black.

Sementara itu street style yang lekat dengan aktivitas remaja diwujudkan pada desain stripe premium hipster pada New Honda BeAT Street eSP. Desain terbaru ini dilengkapi dengan grafis dan logo baru bertoreh warna oranye menambah kesan fun dan ekspresif. Pilihan warna baru juga hadir pada model ini yaitu street silver.

Marketing Director AHM, Thomas Wijaya mengatakan penyegaran pada sekuter terlaris Honda ini terinspirasi dari tren serta kebutuhan aktivitas generasi muda. Pihaknya berharap dengan penyegaran ini, pasar remaja bisa makin luas dan New Honda BeAt tetap bisa bertahan pada umurnya yang sudah lebih dari 10 tahun. "Seri ini kami peruntukkan bagi konsumen wilayah perkotaan karena ukurannya yang compact serta ramping," katanya.

Thomas menambahkan New Honda BeAT eSP memiliki delapan pilihan warna. Pada tipe CW warna Dance White dan Hard Rock Black dipasarkan dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp15,550 juta tipe CBS dengan pilihan warna funk red white, garage black dan techno blue white harga OTR Rp15,750 juta. Sedangkan untuk tipe CBS-ISS hadir dengan pilihan warna fusion magenta black, electro blue black dan soul red black dengan harga OTR Rp16,250 juta. Selain itu ada New Honda BeAT Street eSP dengan tipe CBS street matte black dan street silver yang dipasarkan dengan harga OTR Rp16,225 juta.