Belum Resmi Diluncurkan, SUV Wuling Mulai Dipesan

Wuling Almaz - Ist
30 Januari 2019 07:31 WIB Rheisnayu Cyntara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) memperkenalkan produk terbarunya model SUV bernama Wuling Almaz di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (23/1). Meski belum resmi diluncurkan, di wilayah Jogja mobil ini telah mulai dipesan sejak pekan ketiga Januari lalu.

Branch Manager Wuling Cabang Maguwo, FX Ananda mengakui hingga saat ini sudah ada sekitar enam surat pembelian kendaraan (SPK) untuk SUV Almaz yang juga merupakan saudara kembar Baojun 530 yang dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018) lalu. Tiga SPK dari Wuling Cabang Maguwo dan tiga lainnya dari Wuling Cabang Mlati. "Sudah sejak dikenalkan pekan lalu, ada yang pesan. Hari ini juga sudah bisa dipesan," katanya kepada Harian Jogja saat dihubungi, Selasa (29/1).

Frans, sapaannya menuturkan Wuling Almaz memang belum secara resmi diluncurkan. Pengenalan di Sentul menurutnya merupakan soft launching. Namun kabar soal Wuling Almaz sudah mencuat sejak akhir tahun lalu. Apalagi pascabocoran soal mobil ini beredar di dunia maya dan fotonya sempat dibagikan melalui akun Instagram @wuling_id. Namun berdasarkan informasi yang ia terima, medium sport utility vehicle (SUV) ini baru akan diluncurkan secara resmi pada awal Februari mendatang. Dengan perkiraan waktu tersebut, pihaknya memperkirakan launching regional baru akan dilakukan beberapa minggu setelahnya atau pada pertengahan Februari mendatang.

Meskipun baru akan diluncurkan secara resmi beberapa pekan mendatang, Frans menyebut konsumen sudah bisa melakukan indent dengan membayar tanda jadi (booking fee) sebesar Rp5 juta dan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke dealer Wuling terdekat. Sedangkan unit Wuling Almaz akan dikirimkan setelah konsumen membayar lunas harga mobil yang hingga kini belum diumumkan tersebut.

"Harga memang belum ada rilis resmi dari Pusat. Perkiraan harga ada di kisaran Rp300 juta-Rp350 juta. Paling lama sebulan setelah indent mobil akan kami antar, tentu setelah semua pembayaran sudah dilunasi," ujarnya.

Frans menambahkan model unit Wuling Almaz juga sudah tersedia di dealer Wuling Cabang Maguwo. Wuling Almaz berwarna putih tersebut sengaja dipajang bagi para konsumen yang ingin tahu eksterior maupun interior SUV besutan Wuling itu. Sementara itu untuk unit test drive, Frans menyebut Wuling Almaz itu tengah dibawa ke Magelang untuk diperkenalkan kepada konsumen di sana. "Kemarin ada tetapi sekarang sedang dibawa ke Magelang. Di dealer hanya ada untuk display saja," tuturnya.

Fitur Menonjol

Wuling Almaz mengusung mesin 1.500 cc empat silider Turbocharged. Mesin ini mampu menghasilkan torsi puncak 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm. Wuling mengklaim mesin ini merupakan mesin 1,5 L Turbo dengan Honywell latest generation turbocharger, torsi terbesar di kelasnya, efisien, dan telah melewati pengujian 10.000 jam dan 300.000 kilometer.

Wuling Almaz juga dibekali transmisi otomatis CVT. Transmisi sekaligus menjadi yang pertama diadopsi Wuling Motors Indonesia. Model ini juga dilengkapi dengan LED DRL (daytime running lamp), fog lamp, sunroof elektrik yang membujur dari kabin depan hingga kursi baris kedua, dan velg aluminium. Selain itu, Wuling Almaz akan dibekali fitur terkini, monitor 10 inci dengan smart multimedia. Lewat layar LCD bisa mengatur AC, WulingLink, setting kendaraan, 360 derajat kamera, dan TPMS. "Yang paling menonjol Wuling Almaz akan menggunakan transmisi CVT, head unit yang gede seperti milik Tesla, dan juga dilengkapi sunroof," ujar Frans.