Advertisement

China Sebabkan Defisit Tertinggi, Impor Otomotif Tercatat Melambung

Kahfi
Senin, 03 Oktober 2022 - 09:27 WIB
Sirojul Khafid
China Sebabkan Defisit Tertinggi, Impor Otomotif Tercatat Melambung Mobil diparkir di kawasan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) di Jakarta, Rabu (12/9/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Realisasi perdagangan otomotif yakni kendaraan bermotor dan bagiannya terhimpun dalam HS 87 pada Agustus mencerminkan lonjakan importasi cukup tinggi. Bahkan, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik, importasi produk China menjadi yang tertinggi.

Mengacu data Badan Pusat Statistik khusus HS 87, pada periode Agustus tahun ini, nilai impor otomotif tercatat mencapai US$879,8 juta. Kinerja itu melonjak 47,6 persen dibandingkan US$595,91 juta pada periode sama tahun lalu.

Advertisement

Beruntungnya, saat bersamaan, kinerja ekspor memetik pertumbuhan yang cukup tinggi. Pada periode Agustus tahun ini, nilai ekspor tembus US$1,032 miliar, tumbuh hingga 60 persen dibandingkan US$646,55 juta pada periode sama tahun lalu.

Alhasil, pada periode Agustus tahun ini, neraca dagang otomotif mencatatkan surplus hingga US$152,92 juta. Kinerja itupun jauh lebih tinggi dibandingkan surplus periode sama tahun lalu yang mencapai US$50,64 juta.

BACA JUGA: 5 Motor Kustom Dunia Diboyong ke Kustomfest 2022 di Jogja, Ada Milik Flea RHCP

Pada Agustus, Indonesia masih mencatatkan defisit perdagangan dengan beberapa negara mitra perdagangan otomotif tradisional, seperti Thailand dan Jepang. Dengan Jepang, Indonesia tercatat defisit perdagangan otomotif mencapai US$183,71 juta, sedangkan terhadap Thailand defisit itu mencapai US$45,57 juta.

Hal yang patut dicatat, perdagangan otomotif Indonesia kembali mencatatkan defisit dengan China. Perdagangan otomotif Indonesia terhadap China mengalami kalah telak, defisit menembus US$202,28 juta.

Indonesia mencatatkan importasi terbesar berasal dari komponen seperti gear boxes yang dihimpun HS 87084026, serta part dan aksesoris roda empat dalam HS 87089980.

Di sisi lain, seperti tercatat pada data BPS sebelumnya, importasi tertinggi yang berasal dari China merupakan produk skuter listrik. Sejalan dengan itu, produk roda empat yang berasal dari China mulai menggarap serius pasar mobil listrik, terbukti dari produk Wuling Air ev yang mempunyai TKDN 40 persen tengah laris terjual.

BACA JUGA: Ini 3 Tipe dan Spesifikasi Sepeda Listrik Terbaru dari Yamaha Global

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Francesco Acerbi Dikeluarkan dari Timas Italia Terkait Dugaan Rasis

Sepakbola
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement