Advertisement

Tantangan Produsen Bertambah, Harga Bahan Baku Otomotif hingga Ongkir Naik

Jaffry Prabu Prakoso
Senin, 27 Juni 2022 - 02:37 WIB
Sirojul Khafid
Tantangan Produsen Bertambah, Harga Bahan Baku Otomotif hingga Ongkir Naik Ilustrasi chip - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tidak hanya kelangkaan mikrocip atau semikonduktor, para pelaku industri otomotif kini menghadapi tantangan baru. Harga bahan baku hingga pengiriman terpantau mengalami kenaikan.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan hampir semua material mentah untuk kendaraan harganya mulai merangkak. Hal tersebut tentu bisa berdampak pada produksi.

“Ongkos angkut juga naik. Jadi kalau kita lihat kirim barang dari luar beberapa komponen itu mengalami kenaikan,” katanya saat dihubungi pekan ini.

BACA JUGA: Ada Cacat, Peredaran SUV Listrik Toyota Ditarik Lagi

Yohannes menjelaskan belum menghitung seberapa besar dampak kenaikan tersebut. Yang pasti, hal itu akan menjadi hambatan bagi para pemain industri otomotif.

Kenaikan harga material mentah hingga pengiriman disebabkan beberapa faktor. Yang utama, tambah Yohannes, adalah inflasi.

Harapannya, efek kenaikan tidak terlalu besar karena industri otomotif sedang tumbuh. Yohannes tidak bisa memastikan apakah hal tersebut bisa membuat harga kendaraan juga ikut naik.

BACA JUGA: Alessa eX3000, Sepeda Motor Listrik Buatan dalam Negeri

“Yang pasti ongkos produksi naik karena bahan baku naik. Mengenai kenaikan harga kendaraan, itu kebijakan perusahaan masing-masing,” jelasnya.

Untuk kelangkaan mikrocip, para konsumen harus menunggu mobil baru meski sudah melakukan pembayaran (inden) karena stok terbatas. Bahkan, beberapa tipe mobil antriannya bisa sampai satu tahun.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

"Penyakit" Persebaya Kambuh, Aji Santoso Minta Maaf

Sepakbola
| Minggu, 14 Agustus 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement