Bikers Honda Rayakan HUT ke-74 Hari Kemerdekaan RI

Sejumlah bikers Honda di Palu mengikuti lomba khas 17-an untuk memeriahkan HUT ke74 Hari Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8). AHM bersama jaringan sepeda motor Honda melaksanakan Convoy Merdeka yang dilakukan di 28 kota besar di Indonesia./ Ist. - AHM
21 Agustus 2019 10:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sekitar 2.800 bikers pencinta sepeda motor Honda melakukan aktivitas beragam yang bernuansa kebangsaan, menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia, dengan tajuk Convoy Merdeka, serentak di 28 kota besar, Sabtu (17/8). 

Mengangkat slogan Bangga Menjadi Indonesia, turing persaudaraan ini diramaikan oleh 56 komunitas dan paguyuban Honda CB150R StreetFire bersama pecinta sepeda motor Honda lainnya.

Corporate Communication PT Astra International Tbk – Honda, Yogyakarta Regional Office, Christa Adhi Dharma mengatakan konvoi para pecinta motor Honda ini bergerak dari lokasi main dealer Honda di setiap wilayah menuju tempat bersejarah sejalan dengan semangat kemerdekaan para bikers.

"Aktivitas ini merupakan upaya mempererat persaudaraan dan silaturahmi antar bikers dalam meningkatkan semangat nasionalisme dan kebangsaan di komunitas Honda," katanya melalui siaran pers, Selasa (20/8).

Sebagai wujud antusias merayakan kemerdekaan, peserta konvoi menggunakan atribut berwarna merah putih. Sesampai di lokasi bersejarah, para bikers mengikuti aktivitas upacara bendera untuk memperingati HUT ke-74 Hari Kemerdekaan RI. Para bikers melanjutkan rangkaian agenda Convoy Merdeka ini dengan melakukan aksi sosial seperti membersihkan makam para pahlawan atau melakukan donasi untuk veteran.

Deputy General Manager Marketing Planning & Analysis PT Astra Honda Motor (AHM) Andy Wijaya mengatakan Convoy Merdeka merupakan bentuk ekspresi nasionalisme para bikers Honda pada Tanah Air di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. “Kegiatan yang melibatkan ribuan bikers ini menunjukkan semangat persatuan dalam keberagaman para bikers, ditunjukkan dalam momen spesial HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Semoga aktivitas ini bisa menginspirasi para bikers Honda lainnya, juga masyarakat pada umumnya,” ujar Andy. 

Aktivitas Bikers

Selain merayakan Convoy Merdeka, pada momentum yang sama di HUT ke-74 Hari Kemerdekaan RIjuga dilakukan Jambore Nasional Asosiasi Streetfire Indonesia (ASFI) yang ketiga di kota Cirebon, Jawa Barat dan Jambore Nasional Asosiasi Scoopy Indonesia (ASI) yang kedua di Ragunan, Jakarta, Sabtu (17/8). Persaudaraan bikers Honda yang solid ini menghasilkan beragam kegiatan positif yang menjadi inspirasi tersendiri bagi masyarakat.

Mengusung tema Semangat Satu Hati Satu Indonesia, ASFI mengemas kegiatan Jambore Nasional yang ketiga ini dengan menonjolkan budaya Jawa Barat. Hiburan seperti tari topeng, sisingaan, dan angklung turut memeriahkan rangkaian acara. Asosiasi yang telah menaungi lebih dari 120 klub dan komunitas Honda CB150 Streetfire ini, juga tak lupa melakukan aksi sosial dengan berderma pada Veteran RI.

Sementara itu, Asosiasi Scoopy Indonesia menggelar Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Ragunan. Mengusung konsep amazing race, para bikers akan mengikuti rangkaian permainan yang dibagi dalam beberapa pos. Pada kegiatan Jambore Nasional ASI ini juga dimeriahkan dengan doorprize berupa satu unit Honda Genio untuk bikers yang beruntung.

“Semangat satu Hati yang dimiliki para bikers tentu akan selalu kami dukung. Melalui solidnya persaudaraan antar-bikers tentu akan melahirkan beragam aktivitas positif yang dapat menginpirasi masyarakat,” katanya.