Yamaha Resmikan Kelas Khusus Yamaha di Wajo

Perwakilan dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) dan Pemerintah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menghadiri peresmian Kelas Khusus Yamaha (KKY) SMKN 1 Wajo, Sulawesi Selatan belum lama ini./ Ist. - PT YIMM
27 Juni 2019 08:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM)secara aktif dan konsisten terus mendukung perkembangan dunia pendidikan, khususnya program vokasi industri pemerintah.  Selain memberikan donasi unit motor dan pembuatan ruang praktik, Yamaha juga membangun Kelas Khusus Yamaha (KKY) untuk SMKN 1 Wajo, Sulawesi Selatan.

“Program ini menitikberatkan pada penyelarasan kurikulum ter-update yang telah diterapkan di industri sepeda motor saat ini," kata Public Relations Officer Departement, PT YIMM, Candy Yo, melalui siaran pers, Rabu (26/6).

Acara peresmian ini dibuka oleh Manager After Sales Service PT YIMM, Elyas Kambuno dan dihadiri Bupati Wajo, Amran Mahmud, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah IV Sulawesi Selatan, Rakhmat Rahim, Kepala Sekolah SMKN 1 Wajo, Ramli dan GM After Sales Service Main Dealer PT. Suracojaya Abadimotor, Kurniadi.

“Program SMK Binaan Yamaha sebagai bagian dari CSR (cooperate social responsibility) sudah dilaksanakan sejak 2003 hingga saat ini. Program ini membimbing siswa dan siswi SMK

untuk siap memasuki dunia kerja dan kewirausahaan, melalui standadisasi kurikulum teknik sepeda motor sesuai  kurikulum Yamaha Technical Academy yang selaras dengan perkembangan industri sepeda motor terkini dan mengacu pada standar kompetensi kerja nasional Indonesia yang saat ini sedang disusun sehingga mampu mengurangi kesenjangan dunia pendidikan dan dunia industri," ucap Elyas.

Bupati Wajo menyambut baik adanya program ini. “Terima kasih Yamaha, telah memperhatikan dunia pendidikan terutama Sengkang. Semoga kerja samanya berkesinambungan. Kalau sebelumnya SMK Praktek hanya menggunakan motor tua, sekarang dengan bekerja sama dengan Yamaha fasilitas praktik sekolah sudah lebih baik lagi dan informasi teknologi selalu ter-update," ucap Amran.

Hingga saat ini, SMK KKY berjalan di 51 SMK dan telah bekerja sama dengan lebih dari 713 SMK di Indonesia. Untuk di wilayah Sulawesi, Yamaha bekerja sama dengan 108 SMK, di antaranya lima SMK sebagai KKY, yaitu SMK Kebangsaan Indonesia, Maros, SMK Negeri Labuang, Polman, SMK Negeri 1 Wajo, SMK Negeri 3 Gorontalo, dan SMK Negeri 2 Kendari.

“Kegiatan peresmian SMK KKY di SMK Negeri 1 Wajo ini sebagai bukti nyata bahwa Yamaha terus berkontribusi mendukung perkembangan dunia pendidikan pada masyarakat Indonesia untuk Merah Putih semakin di depan," kata Kurniadi.

Dengan program SMK Binaan Yamaha, Yamaha berharap SMK binaan bisa menghasilkan lulusan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, bukan hanya lulusan yang siap kerja tetapi juga berkualitas dan siap berwirausaha.