Advertisement

Isuzu Melihat Prospek Pengembangan Kendaraan Listrik Transportasi Umum

Anshary Madya Sukma
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 12:57 WIB
Sirojul Khafid
Isuzu Melihat Prospek Pengembangan Kendaraan Listrik Transportasi Umum Isuzu menyiapkan 17 Bengkel Siaga untuk program Sambut Lebaran Bersama Isuzu. - Astra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyatakan pihaknya tengah mengkaji pengembangan kendaraan listrik untuk transportasi publik. Marketing Communication Manager IAMI, Puti Annisa Moeloek, mengatakan bahwa kemungkinan Isuzu untuk masuk pasar elektrifikasi adalah melalui transportasi publik, karena pola kerja dan pemeliharaan dari transportasi publik sudah jelas.

Namun, dia menyatakan fokus Isuzu saat ini bukan pada elektrifikasi. Hal itu karena Isuzu melihat potensi kendaraan komersial atau Commercial Vehicle (CV) yang menjadi tulang punggung penjualannya memerlukan waktu yang panjang untuk persiapan menuju elektrifikasi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Annisa menyebut beberapa faktor kendala seperti biaya operasional dan pasar otomotif EV, khususnya segmentasi niaga di Indonesia masih belum siap untuk saat ini.

BACA JUGA: Menjadi Armada Grab, Smoot Optimistis Penjualan Varian Tempur Akan Naik

“Jadi kami melihatnya dari kesiapan, kalaupun masuk  ke elektrifikasi ya yang paling memungkinkan adalah di segmen public transportasion seperti bus yang rutenya sudah jelas dan jam kerja jelas,” ujar Annisa saat ditemui Bisnis, Kamis (6/10/2022).

Annisa menambahkan bahwa Isuzu juga saat ini memiliki fokus yang berbeda dibandingkan mengikuti tren elektrifikasi, seperti pengoptimalan mesin Euro4 pada unit-unit miliknya.

Di sisi lain, Isuzu juga sudah siap memaksimalkan kembali sektor bisnis di bidang pariwisata apabila kondisi Covid-19 yang benar-benar sudah hilang, dan jika sudah pada kondisi normal Isuzu sudah siap kembali terjun ke sektor pariwisata.

Sebagai informasi, IAMI sudah melakukan Langkah awal menuju elektrifikasi dengan meluncurkan truk Elf EV yang dipamerkean di GIIAS Agustus 2022. Namun, truk yang dipamerkan itu hanya prototype dari negara asalnya, Jepang untuk melihat respon masyarakat mengenai EV untuk kendaraan niaga.

Advertisement

BACA JUGA: Menteri Perhubungan Sebut Motor Listrik Jadi Game Changer

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Luar Biasa! Penonton Pertandingan Piala Dunia 2022 Putaran Pertama Lebih dari 1 Miliar

Sepakbola
| Kamis, 01 Desember 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement