Advertisement

Mobil Anda Mulai Menurun Performanya? Ini Cara Mengatasinya

Jumali
Selasa, 23 Agustus 2022 - 11:17 WIB
Jumali
Mobil Anda Mulai Menurun Performanya? Ini Cara Mengatasinya Mobil rombongan keluarga yang tak kuat menanjak di jalur Cinomati, Kamis (5/5/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Setiap pemilik mobil tentunya mendambakan performa mobil yang maksimal setiap berkendara. Namun seiring berjalannya waktu, usia pakai dan jarak tempuh mobil yang tak lagi muda kerap kali kita mendapati mobil jadi kurang bertenaga.

Tentunya jika mengalami kendala ini, Anda harus mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Berikut beberapa faktor pemicu penurunan performa pada mobil Anda, seperti dikutip dari Suzuki, Selasa (23/8/2022) :

Advertisement


Sistem Bahan Bakar

Pertama-tama perhatikan kondisi sistem bahan bakar yang ada pada mobil. Lakukan pengecekan pada filter bahan bakar juga. Sebab komponen ini berperan penting dalam menyuplai bahan bakar pada mobil. Jika terjadi kendala seperti tersumbat dan kotor, maka fungsi suplai bahan bakar tidak akan berfungsi secara optimal. Filter bahan bakar yang kotor akan menyebabkan penyerapan bahan bakar tidak sempurna dan tekanan injektor jadi tidak stabil. Mobil pun jadi tersendat dan performanya jadi berkurang. Lakukan perawatan filter bahan bakar agar dengan rutin melakukan pengecekan dan pembersihan secara berkala.

Filter udara bermasalah

Layaknya filter bahan bakar, keberadaan filter udara juga tak kalah pentingnya. Komponen ini bertugas menyuplai oksigen untuk mesin dan menyaringnya agar udara yang masuk ke mesin tidak kotor. Filter udara yang kondisinya kurang baik menyebabkan akselerasi mobil jadi berkurang. Hal ini disebabkan oksigen yang disuplai ke mesin kualitasnya kurang baik. Padahal, kualitas oksigen sangat mempengaruhi proses pembakaran dalam mesin, karenanya penting bagi Anda memastikan kondisi filter udara tetap prima dan tidak kotor harus jadi agenda wajib bagi Anda.

Kendala di Komponen Pengapian

Komponen pengapian pada mesin mobil terletak pada busi. Saat busi tidak bisa bekerja dengan maksimal, ini bisa menyebabkan penurunan performa kendaraan Anda. Sebab busi mobil memiliki fungsi penting yaitu sebagai pemantik api pembakaran di kepala silinder. Tanpa adanya busi yang bekerja optimal, mesin akan sulit dihidupkan apalagi berakselerasi. Agar terhindar dari kendala ini lakukan pembersihan secara berkala pada busi. Selain itu, ganti juga busi yang sudah kotor atau usang. Jangan menunda untuk mengganti busi yang sudah rusak. Sebab jika dibiarkan terus menerus, bisa memicu kerusakan yang lebih parah menjalar ke komponen lain pada mesin mobil.

Masalah Pada Mesin

Penyebab lain dari penurunan performa mobil adalah mesin yang bermasalah. Biasanya masalah seputar mesin yang paling sering terjadi adalah mesin yang terlalu panas atau overheat. Untuk mengatasi masalah overheat Anda perlu mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu, apakah sistem pendingin tidak optimal atau oli mesin yang berkurang. Untuk memeriksa kondisi ini secara lebih detail, kunjungi bengkel resmi Suzuki yang ada di tempat Anda.

Bahan Bakar Tidak Sesuai

Tiap jenis bahan bakar tentunya sudah diperuntukkan untuk jenis mesin yang berbeda-beda pula. Sebab tiap bahan bakar memiliki tingkat oktan yang berbeda dan semakin tinggi angka oktan kualitas dan performa yang dihasilkan akan semakin baik. Karenanya jika ingin merasakan performa semakin maksimal dan bertenaga, gunakanlah jenis bahan bakar dengan tingkat oktan yang terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Francesco Acerbi Dikeluarkan dari Timas Italia Terkait Dugaan Rasis

Sepakbola
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement