Advertisement

Hati-Hati, Kotoran Burung Bisa Merusak Cat Mobil

Newswire
Minggu, 10 Juli 2022 - 04:27 WIB
Sirojul Khafid
Hati-Hati, Kotoran Burung Bisa Merusak Cat Mobil Petugas dari DLH Jogja membersihkan kotoran burung yang berserakan di Jalan Mayor Suryotomo, Gondomanan, Kamis (1/11/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Dalam memarkirkan mobilnya, pengendara tidak jarang memilih tempat yang teduh, salah satunya di bawah pohon. Harapannya cat mobil tidak cepat kusam akibat terkena sinar matahari secara intens.

Meski parkir di bawah pohon selain berisiko tertimpa ranting juga bisa terkena kotoran burung. Karena burung-burung yang memilih bertengger di atas pohon saat buang kotoran tidak peduli di bawah mereka ada siapa dan benda apa.

Bagi beberapa orang kotoran burung yang mengenai bodi mobil dianggap biasa, sehingga membiarkannya dan tidak segera menyingkirkan atau membersihkannya. Padahal jika pemilik mobil mengetahui risiko membiarkan kotoran burung menempel lama, pasti akan menyesal kenapa tidak segera membersihkannya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Ingin Hadirkan Mobil Listrik Murah, K-Upgrade Jual Produknya Rp75 Juta

Kotoran burung yang sering kali menempel pada bagian luar bodi mobil, seperti dikutip dari Otodriver.com, ternyata bisa merusak bagian cat mobil.

Hal ini disampaikan pemilik bengkel detailing mobil JC Auto Car, Asep, bahwa kotoran burung bisa menjadi ancaman terhadap lapisan cat mobil.

Menurut Asep, kenapa kotoran burung bisa merusak cat mobil karena tidak terlepas dari kandungan kotoran burung tersebut.

“Karena kotoran burung mengandung zat organik yang bisa masuk ke pori-pori cat apabila tidak segera dibersihkan,” ungkapnya

BACA JUGA: Beberapa Tahun Lagi, Harga Mobil Listrik Bakal Samai Kendaraan BBM

Advertisement

Oleh karena itu jangan biarkan kotoran burung menempel di bagian eksterior atau bodi mobil terlalu lama. Karena risikonya bisa merusak cat mobil Anda.

“Kotoran burung kurang lebih 3 jam akan menyerang pori-pori cat mobil. Kecuali bagian eksterior sudah di coating, mungkin lebih aman, tidak masuk ke pori-pori cat,” sambung Asep.

Asep menyarankan jika ditemukan kotoran burung menempel pada permukaan bodi mobil, baiknya langsung dibersihkan. “Langsung dibersihkan dengan air bersih,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Juventus Mulai Bernegosiasi untuk Gaet Pulisic dari Chelsea

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement