Advertisement

Prototipe Kijang Listrik Muncul di IIMS 2022, Ini Perkiraan Harga Jika Diproduksi Massal

Khadijah Shahnaz
Kamis, 31 Maret 2022 - 11:47 WIB
Jumali
Prototipe Kijang Listrik Muncul di IIMS 2022, Ini Perkiraan Harga Jika Diproduksi Massal Innova BEV di IIMS 2022 - Bisnis - Khadijah Shahnaz\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAToyota Indonesia memamerkan prototipe Kijang Innova berbasis battery electric vehicle atau BEV. Keberadaan Kijang yang telah masuk dalam generasi keenam itupun menghentak publik, nyatanya pabrikan di Indonesia telah siap menyongsong era elektrifikasi kendaraan.

Prototipe Kijang Innova BEV tersebut dipajang pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang berlangsung mulai 31 Maret hingga 10 April nanti. Keberadaan Innova BEV inipun memicu pertanyaan terkait harga unit jika kelak produk tersebut diproduksi massal. Hingga saat ini, tidak banyak merk beredar dari segmen BEV. Tercatat hanya Hyundai Kona dan Ioniq, serta Nissan Leaf dan Lexus UX 300e.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Munculnya Kijang Innova BEV pun menjadi terobosan dari prinsipal untuk menghadirkan produk elektrik murni dari segmen MPV. Sedangkan segmen MPV inilah yang merupakan pasar paling gemuk di Indonesia.

Terkait BEV, masing-masing produsen masih diberatkan dengan ongkos produksi baterai yang disebut-sebut mencapai sepertiga dari total biaya produksi. Jika mengacu Permenperin No.6/2022 tentang Peta Jalan dan Spesifikasi Kendaraan Bermotor Listrik, manufaktur terhadap baterai yang merupakan bagian komponen utama memiliki perhitungan tersendiri.

Untuk manufaktur komponen pendukung dan komponen utama masing-masing memiliki bobot 10 dan 50 persen (pada 2024 dan seterusnya menjadi 58 persen). Sementara komponen baterai yang masuk dalam klasifikasi komponen utama, bobot yang ditetapkan sebesar 30 persen ( hingga 2024) dan seterusnya 35 persen. Sehingga jika merujuk peraturan tersebut, maka Innova BEV juga harus mengeluarkan ongkos produksi tambahan untuk memiliki teknologi baterai.

Hitungan kasar dari harga Innova dengan mesin ICE saat ini yang berkisar Rp355 juta- Rp480 juta, maka harga Innova BEV bisa berkisar Rp455 juta-Rp580 juta. Kehadiran Innova BEV ini semakin mendekatkan target pemerintah. Berdasarkan beleid yang sama, pemerintah menargetkan produksi mobil listrik pada 2025 sebanyak 400.000, kemudian pada 2030 bertambah menjadi 600.000 unit, dan pada 2035 sebesar 1 juta unit.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Begini Pembagian Fase Gugur Piala Dunia 2022: Argentina Bagian Atas, Inggris dan Prancis Bawah

Sepakbola
| Kamis, 01 Desember 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement