Dalam Waktu Satu Jam, Kijang Innova Edisi Khusus 50 Tahun Ludes

Toyota Kijang Innova edisi 50 tahun Toyota Indonesia. - Istimewa
16 April 2021 22:17 WIB Muhammad Khadafi Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut Kijang Innova edisi khusus peringatan 50 tahun Toyota di Indonesia sudah habis terjual. 

Mobil yang hanya diproduksi sebanyak 50 unit tersebut terjual dalam waktu satu jam. TAM memastikan tidak akan memproduksi kembali mobil edisi khusus itu.

"Kami terima kasih, sekaligus minta maaf kepada calon konsumen karena begitu cepat habis," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, kepada wartawan dalam bincang virtual, Kamis (15/4/2021).

Kijang Innova edisi khusus diumumkan pada 9 April bertepatan dengan perayaan ulang tahun Toyota Indonesia secara virtual. Pabrikan memilih Kijang untuk dijadikan edisi khusus karena memiliki sejarah panjang di Indonesia.

Sebagai informasi, Kijang menjadi awal mula perjalanan Toyota di Indonesia. Tepatnya sejak 1977, generasi pertama mobil ini diperkenalkan di Indonesia. Saat itu, Kijang dihadirkan ke Istana Merdeka dan dilihat langsung oleh Presiden ke-2 Soeharto.

Perjalanan Kijang kini telah melewati 6 generasi. Generasi terbarunya adalah Kijang Innova yang meluncur pada 2015. Mobil ini memiliki 3 varian, yakni G, V, dan Q. Ada pula versi sporty yakni Venturer. “Kijang mampu merepresentasikan perjalanan Toyota di Indonesia karena Kijang selalu menjadi bagian di dalamnya,” kata Henry.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Innova menjadi mobil terlaris ke-6 di Indonesia sepanjang tahun lalu dengan catatan penjualan wholesales sebanyak 24.108 unit.

Adapun Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary dipasarkan dalam 2 varian. Pertama adalah 30 unit tipe V Luxury yang dibanderol Rp404,5 juta dan 20 unit varian Venturer dengan harga jual Rp428,7 juta.

Toyota Kijang Innova edisi terbatas ini hadir dengan stiker emas yang menggambarkan perjalanan Toyota di Indonesia, mulai dari generasi pertama hingga keenam. Mobil ini menggunakan Innova Reborn sebagai basis.

Mobil edisi spesial tersebut menyematkan sistem audio JBL dengan emblem merah yang melekat pada panel instrumen. Selain itu, logo peringatan 50 tahun Toyota dipasangkan di karpet mobil. Mobil ini juga diklaim hadir dengan tampilan dan fitur eksklusif.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia