Advertisement

Tips Pasang Baby Car Seat

Jumali
Selasa, 08 Maret 2022 - 07:17 WIB
Jumali
Tips Pasang Baby Car Seat Baby car seat - Tokopedia

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJABaby car seat memiliki peran penting bagi pengendara mobil yang mempunyai bayi atau anak yang masih dibawah umur. Sebab, dengan menggunakan baby car seat maka keselamatan dan bayi atau anak yang masih dibawah umur akan tetap terjaga saat Anda bepergian menggunakan mobil.

Hanya saja, tidak banyak orang tua ataupun pengendara paham cara memasang baby car seat. Alhasil, banyak yang memilih tidak menggunakan baby car seat karena alasan kepraktisan.

Berikut tips pasang baby car seat yang benar di mobil:

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

- Pilih baby car seat yang sesuai dengan usia, berat dan panjang bayi atau anak anda agar memberikan perlindungan maksimal.
- Pengguna baby car seat sebaiknya tidak lebih dari 6 tahun.
- Pada usia bayi 2 tahun, baby car seat disarankan dipasang "rear-facing" atau menghadap kebelakang. Rear-facing lebih aman karena jika terjadi kecelakaan, badan bayi akan terdorong ke belakang kursi bayi, sehingga kepala, leher dan tulang punggung tersangga dengan baik.

- Kursi belakang adalah tempat yang paling aman untuk meletakkan baby car seat, hindari meletakkan di kursi depan terutama pada kendaraan yg memiliki air bag, karena dapat menimbulkan cedera akibat tekanan yang diberikan saat kecelakaan terjadi.

- Untuk baby car seat tipe convertible seat sebaiknya Anda perhatikan hal berikut ini. Pastikan baby car seat terpasang dengan baik, tidak longgar atau tergeser lebih dari 3 sentimeter. Gunakan lutut untuk menekan saat pemasangan sebelum sabuk pengaman kendaraan dikencangkan. Gunakan klip pengunci khusus agar sabuk pengaman tidak bergeser yang dapat melonggarkan car seat. Selain itu Anda harus memastikansudut kemiringan yang ideal dan aman saat pemasangan infant-capsule atau car seat yang menghadap kebelakang adalah 45 derajat. Kepala bayi harus berada setidaknya 6 cm dari pinggir atas car seat untuk memberikan proteksi maksimal. Gunakan pakaian yang sesuai yang memungkinkan kedua tungkai bawah bayi tetap bebas saat berada di kursi bayi.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Juventus Mulai Bernegosiasi untuk Gaet Pulisic dari Chelsea

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement