Advertisement

Tips Bagi Pemula yang Ingin Bisnis Rental Mobil

Jumali
Senin, 28 Februari 2022 - 00:17 WIB
Jumali
Tips Bagi Pemula yang Ingin Bisnis Rental Mobil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABisnis rental mobil saat ini tengah menjadi salah bisnis yang diminati. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memulai bisnis rental mobil. Alhasil, banyak pemula yang tumbang karena kurangnya literasi terkait bisnis rental mobil.

Berikut tips bisnis rental mobil bagi pemula :

- Mobil dengan peminat terbanyak

Anda yang ingin terjun di bisnis rental mobil sebaiknya memilih mobil yang paling banyak diminati pelanggan di daerah Anda. Pilih mobil yang irit dan mampu mengangkut banyak orang.

- Pilih mobil bekas atau baru

Jika Anda memilih mobil baru untuk bisnis rental mobil maka keuntungannya adalah biaya perawatan yang dikeluarkan pada tiga tahun pertama lebih terjangkau. Sedangkan kekurangannya, biaya investasi yang dikeluarkan untuk membeli mobil baru tentu lebih besar dibanding mobil bekas.

Jika membeli mobil bekas, keuntungannya adalah biaya investasinya lebih murah dibanding membeli mobil baru. Namun kekurangannya adalah biaya perawatannya mungkin lebih mahal, tergantung kondisi mobil itu sendiri.

- Pilih tunai atau kredit?

Jika memiliki dana yang cukup, lebih baik membeli mobil secara tunai. Namun jika dana yang dimiliki masih kurang, bisa membeli mobil secara kredit. Jika membeli secara kredit, sisihkan pendapatan sewa mobil untuk membayar cicilan agar tidak terlalu terbebani setiap bulan.

- Asuransi

Bisnis rental mobil tentu memiliki banyak risiko. Mulai dari mobil mengalami baret akibat terserempet, penyok, rusak akibat kecelakaan, hingga hilang dicuri orang. Karena itu, penting bagi pelaku usaha rental mobil untuk mendaftarkan mobil rentalnya ke asuransi.

- Tentukan aturan

Anda wajib menentukan peraturan pada usaha rental mobil. Beberapa aturan dasar seperti wajib mengisi surat perjanjian dengan materai, meninggalkan kartu identitas seperti KTP selama masa sewa, dan mengisi formulir data diri. Sebagai antisipasi, pasang juga GPS pada setiap unit mobil sewaan untuk mengetahui posisi mobil jika terjadi sesuatu.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jersey Inter Milan Bakal Tanpa Logo Sponsor, Ini Alasannya

Sepakbola
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 03:57 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement