Advertisement

Beli Mobil Bekas? Langsung Servis dan Perhatikan Hal Ini

Jumali
Selasa, 15 Februari 2022 - 02:47 WIB
Jumali
Beli Mobil Bekas? Langsung Servis dan Perhatikan Hal Ini Aktivitas jual beli di showroom mobil bekas Putra Jambul Auto, Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah, milik Lilik Windiyanto, Minggu (12/7/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAMembeli mobil bekas adalah pilihan ketika Anda memiliki dana terbatas tapi ingin memiliki mobil. Tapi, ingat, usai membeli mobil bekas, Anda harus membawanya ke bengkel dan melakukan servis. Tujuannya apa? untuk mendeteksi kerusakan awal dari mobil bekas Anda.

Lalu, Apa saja yang harus diperhatikan saat servis mobil bekas?

Advertisement

- Mesin

Bila mesin dirasa masih sehat, penggantian oli mesin, oli transmisi, oli gardan (bila ada), wajib dilakukan. Hal ini agar komponen mobil mendapat pelumasan dengan baik.
Periksa juga apakah ada rembesan oli dari mesin. Cek kabel busi dan busi dalam kondisi baik.

- Kelistrikan

Cek komponen aki, alternator, sekring dan lainnya. Khusus untuk komponen aki bisa menggunakan multitester. Lihat angka di multitester dalam keadaan mobil menyala. Angka normalnya ada di kisaran 13 sampai 13,8 volt. Bila kurang berarti ada masalah pada aki atau alternator.

- Kaki-kaki

Cek kondisi tie rod, bushing, arm, ball joint, suspensi dan lainnya di bengkel spesialis kaki-kaki. Pastikan dalam kondisi aman, bila ada kerusakan segera dilakukan penggantian.

- Sistem pendingin

Cek sistem pendingin berupa radiator, slang, waterpump, extra fan dan reservoir tidak boleh absen untuk diperiksa. Pastikan semua bekerja dengan baik. Bila tidak pengalaman mogok dijalan bisa membayangi mobil baru Anda.

- Sistem pengereman

Lakukan pengecekan pada minyak rem, kampas rem, slang, dan seal kaliper. Kuras minyak rem bisa jadi Tindakan tepat untuk memastikan berkerja dengan baik. Gunakan minyak rem yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PSS Sleman vs Dewa United: Super Elja Targetkan Menang untuk Menjauh dari Zona Degradasi

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement