Advertisement

Cara Terbaik Merawat Jas Hujan agar Tidak Berjamur

Daffa Firdaus Najati/ST20
Sabtu, 12 Februari 2022 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Cara Terbaik Merawat Jas Hujan agar Tidak Berjamur Jas hujan - Pixabay/Syahdan Cahya Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jas hujan, benda yang wajib dimiliki pengendara sepeda motor di musim hujan seperti sekarang, perlu dirawat dengan cara terbaik agar tidak mudah berjamur.

Jas hujan biasanya terbuat dari plastik atau vinyl yang memiliki lapisan pelindung anti air. Lapisan ini dapat mengelupas dan membuat fungsi jas hujan tidak bekerja dengan baik apabila tidak dirawat.

BACA JUGA: Tips Berboncengan dengan Pasangan yang Aman di Hari Valentine

Membiarkan jas hujan terlipat setelah digunakan dapat membuat jas hujan berbau apek dan berjamur, sehingga perawatan jas hujan ini sangat penting untuk dilakukan agar lebih awet dan tidak berjamur.

Sebagaimana dilansir The Spruce, Selasa (8/2/2022), berikut cara terbaik merawat jas hujan agar awet dan tidak berjamur:

Baca Cara Perawatan

Ada beragam jenis jas hujan yang dapat digunakan. Untuk itu penting bagi Anda membaca terlebih dahulu cara perawatan jas hujan tersebut, karena setiap jas hujan memiliki perawatan yang berbeda. Biasanya terdapat label di bagian dalam jas hujan yang menjelaskan bagaimana cara merawatnya.

Beberapa material jas hujan hanya bisa dibersihkan dengan cara dry clean saja karena terdapat lapisan kain dan ada juga yang memiliki lapisan dapat dilepas dan dibersihkan secara terpisah.

Hilangkan Noda

Jas hujan rentan terkena cipratan lumpur dan kotoran, oleh karena itu sebelum mencuci akan lebih baik jika kita membersihkan nodanya terlebih dahulu.

Advertisement

Jas hujan berbahan plastik atau vinyl dapat dibersihkan menggunakan kain microfiber basah yang telah diberi detergen atau sabun pencuci piring. Dengan begitu, noda di jas hujan dapat terangkat.

Proses Pencucian

Pastikan bahwa Anda mengetahui teknik pencucian jas hujan dengan tepat, bisa menggunakan mesin cuci atau manual menggunakan tangan. Sebaiknya ikuti anjuran yang tertera dalam label jas hujan. 

Tentukan Suhu Air

Advertisement

Cuci jas hujan menggunakan air dingin. Air panas akan merusak lapisan jas hujan sehingga membuatnya mengkerut.

Pilih Detergen

Pastikan detergen yang digunakan dapat melindungi lapisan anti air. Pilihlah detergen yang lembut agar tidak merusak lapisan anti air di jas hujan. Gunakan detergen secukupnya agar tidak meninggalkan noda putih di permukaan jas hujan.

BACA JUGA: Sewa Mobil saat Wisata ke Jogja, Perhatikan Hal Ini

Advertisement

Keringkan Jas Hujan

Setelah dicuci bersih, tahap selanjutnya adalah proses pengeringan. Keringkan jas hujan dengan menjemurnya di bawah sinar Matahari dan biarkan kering secara alami. Hindari mengeringkan jas hujan dengan menggunakan pengering pakaian. Apabila ingin segera memakainya, Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih agar tidak ada sisa air yang menempel.

 

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

4 Pemain AC Milan Didenda karena Berulah Saat Rayakan Scudetto

Sepakbola
| Sabtu, 02 Juli 2022, 16:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement