Sudah Pakai Helm Full Face, Masih Perlukah Pakai Masker?

Ilustrasi. - Freepik
06 Agustus 2020 09:37 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Di masa pandemi Covid-19, memakai masker menjadi bagian dari protokol kesehatan di masa new normal untuk mencegah penyebaran virus. Namun ada sedikit perdebatan di tengah para pengguna sepeda motor.

Apakah pengguna sepeda motor harus tetap menggunakan masker ketika memakai helm full face?

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky mengungkapkan secara safety penggunaan helm full face memang dianjurkan, karena lebih kuat untuk melindungi kepala.

Baca juga: Aman di Jalan, Begini Teknik Kontrol Gas dan Pengereman yang Baik

"Kalau ada half face sebenarnya bisa juga. Tapi keberadaan visor (kaca helm) sebenarnya menjadi wajib untuk melindungi wajah," ujar Johannes Lucky, saat Ngobrol Virtual Dulu (Ngovid) bersama Forwot.

Ia menambahkan, kalau pakai helm full face tapi tetap menggunakan masker sebenarnya bisa aja. Tapi bila menimbulkan kondisi sulit bernapas akan berbahaya.

Jadi sebenarnya kalau tidak mengenakan tidak masalah. Asalkan pengendara bisa memastikan situasi di sekelilingnya aman.

Baca juga: Karet Van Belt Motor Matik Baru Bisa Putus, Ini Penyebabnya

"Tapi helm yang saya rekomendasikan tetap full face. Karena menutup bagian wajah sepenuhnya," tegas Johannes Lucky.

Selain itu, untuk menghindari terpapar virus, Johannes Lucky menyarankan agar helm ditaruh di bawah jok motor. Jika tidak cukup, sebaiknya selalu bawa kantong helm dan lebih baik dibawa. Hal ini untuk menghindari helm tersentuh atau bahkan digunakan orang lain.

Dan kembali soal penggunaan masker untuk mengatasi pandemi COVID-19, tentu saja berdasar pada aturan lalu lintas yang berlaku.

Sumber : Suara.com