Advertisement

Bisa Dilakukan Sendiri, Ini Perawatan Ringan pada Mobil Kesayangan

Newswire
Senin, 10 Februari 2020 - 15:17 WIB
Nina Atmasari
Bisa Dilakukan Sendiri, Ini Perawatan Ringan pada Mobil Kesayangan Daihatsu kembali memperkenalkan varian MPV terbarunya Grand New Xenia kepada masyarakat. - Bisnis Indonesia/Arief Rahman

Advertisement


Harianjogja.com, JAKARTA-- Layaknya sebuah mesin, mobil memerlukan perawatan secara rutin. Namun, pemilik kendaraan kadang luput atau lupa dalam mengecek kendaraannya sendiri.

Apalagi bagi Anda yang sangat sibuk sampai tidak sempat datang ke bengkel, kecuali untuk melakukan perawatan berkala setiap 10.000 KM atau 6 bulan sekali. Tentunya hal ini akan berakibat buruk bagi mobil yang jarang dilakukan pengecekan.

Advertisement

Kali ini, Daihatsu membagikan tips agar mobil kesayangan tetap aman dan nyaman selama digunakan beraktivitas sehari-hari, berikut tipsnya:

1. Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi Daihatsu.

2. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

3. Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper.

4. Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering. Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

5. Untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat.

6. Khusus pengguna aki basah, pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level. Isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal.

"Dari sharing tips ini, pelanggan dapat menjaga kendaraan Daihatsu kesayangannya agar tetap dalam kondisi yang optimal dan dapat digunakan beraktivitas sehari-hari. Sahabat juga dapat mempercayakan kendaraannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, agar pengecekan kendaraan bisa lebih maksimal karena ditangani oleh teknisi handal Daihatsu," ujar Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, dalam keterangan tertulis, Senin (10/2/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement