Advertisement

Hal Sepele Tapi Penting, Ini Tips Memilih Helm yang Benar

Newswire
Minggu, 11 Agustus 2019 - 08:37 WIB
Bhekti Suryani
Hal Sepele Tapi Penting, Ini Tips Memilih Helm yang Benar Pilihan ukuran helm - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Kebiasaan memilih helm berukuran longgar ternyata tak baik untuk keselamatan pengendara motor.

Konsumen kerap memilih ukuran yang lebih longgar saat memutuskan untuk membeli helm baru. Hal tersebut dilakukan dengan alasan untuk memberi kenyamanan saat menggunakan pelindung kepala ketika berkendara ataupun menjadi penumpang.

Advertisement

Ternyata hal tersebut tergolong sebagai salah satu kesalahan mendasar ketika memilih helm yang tepat untuk digunakan sehari-hari. Kelonggaran helm justru dapat menimbulkan potensi bahaya dalam situasi seperti kecelakaan lalu lintas.

Kelonggaran helm tersebut bisa membuatnya terlepas, seandainya pengendara atau penumpang kehilangan keseimbangan sehingga terjatuh dari motor. Sehingga, helm tersebut tidak memberi perlindungan secara penuh sesuai dengan tujuan pemakaiannya.

Hal tersebut disayangkan oleh Executive Director RSV Helmets, Richard Ryan. Ia justru menekankan rasa sempit yang dirasakan pengguna sebagai tanda helm tersebut aman dipakai berkendara. "Tandanya ketika dilihat bercermin, bagian pipi sedikit naik," ujarnya kepada Okezone Otomotif.

Biasanya selain kesan sempit konsumen juga mengeluhkan rasa pusing atau sakit kepala, ketika mencoba helm baru. Richard menyebut terdapat dua kemungkinan kenapa kesan tidak mengenakkan tersebut dialami oleh pengguna saat mencoba helm baru.

Penyebab sakit kepala dan rasa pusing yang dialami konsumen sendiri disebabkan hal berbeda. Rasa sakit bisa dikarenakan perbedaan serta adaptasi kontur kepala terhadap bagian dalam (inner padding) helm tersebut. "Hal tersebut bisa disesuaikan. Nantinya, inner padding bisa membuat kontur kepala kita beradaptasi," ujar Richard.

Hal yang cukup diwaspadai adalah ketika pengguna merasa pusing saat menjajal helm yang hendak dibeli. Pertandanya, tidak seluruh permukaan kepala dari konsumen mengalami kontak secara baik dengan bagian dalam helm tersebut. "Sehingga dibutuhkan pemasangan produk secara khusus. Terdapat bantuan dari staf kami untuk mengatasinya," kata Richard menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 3 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Vietnam Kalah! Timnas Indonesia U-23 Satu-satunya Wakil Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23/2024

Sepakbola
| Sabtu, 27 April 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement