Sebagai APM, Akankah Indomobil Merakit KIA?

ProCeed dan Ceed sebagai model GT berdaya tinggi, ditenagai 150 kW (204 ps) mesin 1,6 liter T-GDi (injeksi langsung bensin turbocharged) direct-injection - Kia
20 Juli 2019 07:22 WIB Thomas Mola Otomotif Share :

Harianjogja.com, TANGERANG—Indomobil yang selama ini dikenal sebagai agen pemegang merek (APM) Kia membuka kemungkinan untuk merakit merek Korea itu diperakitan milik perseroan, yakni National Assemblers di Pulo Gadung, Jakarta.

Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk, Soebronto Laras mengatakan salah satu nilai lebih Indomobil sehingga dipilih Kia ialah memiliki pabrik perakitan kendaraan.  "Indomobil lebih gampang karena punya pabrik, kalau punya pabrik orang mau kawin sama kami," ujarnya di sela-sela peluncuran Suzuki Jimny di GIIAS 2019, Kamis (18/7/2019).

Soebronto menegaskan Indomobil akan mempelajari terlebih dahulu terkait dengan peluang merakit Kia. Pasalnya, pemerintah saat ini sangat ketat dalam memberikan izin impor.

Seperti diketahui, Indomobil memiliki pabrik National Assemblers yang berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Saat ini pabrik tersebut memproduksi beragam komponen otomotif. "Kalau Kia mau masuk ke situ kami oke saja," tambahnya.

Soebronto menambahkan tidak mudah untuk berbisnis pada sektor otomotif. Pasalnya, untuk membangun dealer siap pakai saat ini biayanya sekitar Rp30 miliar hingga Rp35 miliar. "Itu katakan kita buka showroom yang siap pakai, terus terang saja marginnya tidak besar," tambahnya.

Sumber : Bisnis Indonesia