All New Nissan Grand Livina Nyaman di Perkotaan, Tangguh di Jalanan

Model berpose di dekat All New Nissan Grand Livina di kawasan Candi Plaosan, Klaten, Jawa Tengah, belum lama ini./ Harian Jogja - Yudhi Kusdiyanto
17 Juli 2019 08:22 WIB Yudhi Kusdiyanto Otomotif Share :

Harianjogja.com, SEMARANG--Setelah lebih dari 12 tahun tak ada perubahan, Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya melakukan gebrakan dengan melahirkan All New Nissan Grand Livina. Dengan sejumlah fitur mewah yang berfungsi untuk menunjang keamanan, kenyamanan serta kemewahan, generasi terbaru Livina ini siap bertarung di pasar MPV Tanah air. Selama dua hari Harian Jogja berkesempatan menjajal ketangguhan dan kenyamanan Livina terbaru dengan menjelajahi tiga kota masing-masing Semarang, Solo dan Jogja.

Kesan mewah dan elegan terpancar dari sosok All New Nissan Grand Livina. Tampilan gril depan V motion dan penempatan headlamp atau lampu utama berbentuk bumerang yang berada di bawah memberikan tampilan futuristik sekaligus garang pada MPV tujuh penumpang ini. Secara sekilas, kesan mirip dengan Mitsubishi Expander tak bisa dilepaskan dari sosok mobil ini, karena mobil ini memang menggunakan platform yang sama dengan Expander. Meski demikian, mobil ini terlihat lebih “centil”, terutama dengan sejumlah pilihan warna yang ada.

Saat melongok ke dalam, penempatan head unit double din yang berada di tengah dashboard dipadu dengan deretan sejumlah instrumen seperti tombol AC yang segaris dengan tuas persneling yang seolah menjadi pembatas antara pengemudi dan penumpang memunculkan kesan mewah. Untuk kursi, meski menggunakan kulit sintetis, kenyamanan tetap dirasakan pengemudi dan penumpang.

Dalam perjalanan melintasi padatnya lalu lintas dan panasnya Kota Semarang, New Nissan Livina mampu memberikan kenyamanan kepada penumpang yang ada di dalamnya. Head unit yang dilengkapi dengan fasilitas bluetooth dan embusan AC yang kencang cukup mumpuni untuk membantu menghilangkan kepenatan selama perjalanan.

Ketangguhan dapur pacu All New Nissan Livina DOHC Twin VTC dengan empat silinder berkapasitas 1.499 CC juga patut diacungi jempol saat rombongan jurnalis yang ikut dalam acara Media Test Drive All-New Nissan Livina pada 24-25 Juni 2019 lalu mulai menggeber mobil di jalan tol Semarang-Solo. Kontur jalan tol yang naik turun tak berpengaruh terhadap performa mesin All New Grand Nissan Livina. Di jalan offroad, ketangguhan mobil ini kembali diuji di kawasan Perkebunan Kopi Banaran, Kabupaten Semarang. Hasilnya, fitur Hill Start Assist (HAS) yang tersemat mampu membantu pengemudi untuk berhenti di tanjakan tanpa takut tiba-tiba mundur. Fitur Vehicle Dynamic Control juga sangat membantu mobil tetap stabil, terutama saat bermanuver sehingga tak mudah tergelincir.

Dalam perjalanan dari kawasan Kebun Kopi Banaran menuju Solo, Harian Jogja kembali berkesempatan menjajal ketangguhan mesin Nissan Livina dalam kecepatan tinggi. Di trek Tol Semarang-Solo, kami menggeber mobil bertransmisi automatic ini dengan nyaris di batas kemampuan mobil. Kecepatan 150 kilometer hingga 180 kilometer per jam dengan gampang diraih All New Livina. “Meski kapasitas mesin tak terlalu besar, mobil ini cukup bertenaga,” celetuk salah seorang jurnalis asal Semarang yang ikut dalam rombongan.

Beban bawaan yang cukup berat tak terlalu mempengaruhi performa mobil ini. Dengan mengaplikasikan sistem penggerak roda depan, performa MPV besutan Nissan secara teknis cukup mumpuni, baik di jalan perkotaan, jalan tol antarkota maupun di jalan offroad seperti kawasan perdesaan.