Trail Masih Jadi Tulang Punggung Kawasaki

Petugas menjelaskan mengenai spesifikasi Kawasaki seri W 250 dengan gaya retro belum lama ini. - Solopos/Sunaryo Haryo Bayu
20 Februari 2019 07:32 WIB Kusnul Isti Qomah Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Penjualan sepeda motor Kawasaki di DIY, Kedu, dan Banyumas diharapkan mengalami peningkatan tahun ini. Sepeda motor trail pun masih menjadi tulang punggung penjualan.

General Manager PT Sumber Buana Motor Heri Setiyawan penjualan sepeda motor Kawasaki di wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas masih didominasi trail. Kawasaki memiliki dua tipe yang laris manis yakni KLX dan D-Tracker.

"Trail itu di Kawasaki menyumbang 60 persen sendiri untuk penjualannya. Masih mendominasi," ujar dia, Selasa (19/2).

Heri mengatakan setiap bulannya penjualan seri trail di DIY, Kedu, dan Banyumas mencapai 150 unit hingga 200 unit per bulan. "Itu tergantung musimnya juga. Biasanya kalau masa masuk sekolah dan kenaikan kelas penjualan ramai," papar dia.

Heri mengatakan trail dari Kawasaki juga masih menguasai pasar. Meskipun ada dampak yang dirasakan dengan hadirnya kompetitor, tetapi penjualan tidak terlalu terpengaruh. Hal ini juga disebabkan minat terhadap trail terus meningkat.

Manajer Marketing PT Sumber Buana Motor Satya mengatakan pangsa pasar trail dari Kawasaki di DIY, Kedu, dan Banyumas masih lebih besar. Market share tercatat sebesar 70%, sedangkan kompetitor 30%. Adapun harga jual trail Kawasaki mulai Rp31,3 juta hingga Rp36 juta.