Advertisement

3 Rekomendasi Motor yang Cocok Digunakan untuk Touring

Media Digital
Selasa, 29 November 2022 - 18:57 WIB
Budi Cahyana
3 Rekomendasi Motor yang Cocok Digunakan untuk Touring Honda PCX 2022. - Dok.

Advertisement

JOGJA—Banyak aktivitas menyenangkan untuk mengisi kegiatan luang, salah satunya dengan touring. Touring merupakan aktivitas sekelompok orang yang menempuh jarak jauh dengan meramai-ramai menggunakan kendaraan, umumnya sering digunakannya motor.

Di masa kini, touring sendiri tidak hanya melintasi jalanan dan menuju ke satu titik saja. Ada pula touring yang memiliki agenda ataupun misi yang khusus, biasanya telah disusun sebelumnya agar kegiatan touring semakin beragam dan tidak membosankan.

Advertisement

Dalam berkegiatan touring ini, diperlukannya sebuah motor yang mendukung kenyamanan selama Anda melakukan perjalanan. Pasalnya dalam kegiatan touring tersebut tidak memakan waktu yang sedikit sehingga memang perlu bagi Anda untuk mementingkan kenyamanan agar kegiatan Anda berlangsung dengan lancar.

Pada artikel ini akan direkomendasikan motor-motor yang cocok digunakan ketika touring. Tentunya motor-motor ini bisa dibeli melalui e-commerce Blibli, bisa mendapatkan potongan juga, loh! Penasaran? Simak ulasan di bawah ini!

1.   Honda PCX 2022

Memiliki bobot yang ringan dari seri sebelumnya, Honda PCX memiliki berat 129 kg, beda 2 kg dibandingkan seri sebelumnya. Walaupun tidak terlalu signifikan, Anda bisa merasakan perbedaan beratnya ketika menunggangi honda seri ini.

Posisi berkendara akan terasa sangat nyaman dikarenakan ukuran tempat duduk yang lebar namun tetapi rendah. Cocok sekali digunakan ketika touring dimana Anda harus duduk dalam waktu yang cukup lama di perjalanan.

Tidak perlu takut pegal pula dikarenakan Anda bisa berselonjor dengan nyaman sebab adanya sandaran kaki yang dapat membuat kaki Anda lebih lurus.

Perihal mesin, Honda PCX 2022 telah menggunakan mesin terbaru dengan mesin empat langkah yakni 4-valve dan e-SP+. Walaupun begitu, mesin ini tidak akan mudah panas dikarenakan telah menggunakan mesin pendingin motor yang mumpuni.

Layaknya kebanyakan motor keluaran Honda, PCX 2022 ini terbilang awet bahan bakar karena telah tersedia sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Dengan daya maksimum PCX 2022 sekitar 11,8 KW atau 8.5000 rpm dengan torsi 14,7 Nm/6500 rpm. Dengan spesifikasi tersebut, rasanya akan sangat tepat bagi Anda yang suka touring dengan kecepatan yang bertenaga. Honda PCX sendiri terbagi menjadi dua yakni PCX CBS dan ABS, yang membedakannya adalah pada bagian remnya. Anda bisa memilih berdasarkan keinginan Anda.

2.   Benelli TRK 251

Ketika melihat motor ini, Anda akan langsung merasakan aura sport adventure yang sangat kental. Motor ini memiliki headlamp ganda yang telah menggunakan LED Projector.

Yang menarik, pada sisi kanan dan kiri telah ada lampu dengan posisi vertikal, dimana lampu tersebut akan berfungsi untuk Cornering Light. Diatas headlamp LED Projector, Benelli menempatkan lampu DRL dan menggunakan lampu Sein dengan teknologi LED, sama halnya dengan tai-light nya pula.

Alhasil Anda sebagai pengguna nantinya tidak akan kesusahan mendapatkan penerangan di malam hari sebab dengan lampu ini bisa dipancarkan cahaya yang lebih terang ketika berkendara di malam hari. Adapula behel pada bagian belakang Benelli TRK 251 yang bisa digunakan untuk meletakkan Top Box.

Walaupun belum menggunakan mesin 2 silinder, performa mesin ini tetap mumpuni ketika dipakai untuk bermanuver dan berakselerasi. Mesin yang dipakai memiliki kapasitas 249cc dengan konfigurasi 1 Silinder DOHC 4 Klep.

Mesin ini menggunakan sistem Liquid Cooled sehingga akan mendinginkan suhu mesin secara maksimal. Tenaga yang dihasilkan mencapai 25,8 Hp pada pitara 9.250 rpm dengan torsi maksimal sebesar 21.2 Nm pasa 8.000 rpm. Karena tenaga dan torsi yang dikeluarkan cukup besar, menyebabkan akselerasi yang dihasilkan mendukung putaran mesin bawah hingga menengah.

Perihal sistem pembakarannya, Benelli telah mengadopsi teknologi Electronic Fuel Injection dimana dapat menyempurnakan pembakaran sehingga membuat performa mesin akan semakin responsif. Mesin ini memiliki konfigurasi Bore x Store (28 mm x 55.2mm) dengan rasio 12:1.

3.   Kawasaki Versys-X250

Kawasaki Versys-X 250 mengusung tampilan yang sederhana dan cukup sporty. Motor ini sangat nyaman untuk diajak touring sebab selain tampilannya, juga spesifikasi yang dimiliki motor ini sangat mendukung.

Pada mesinnya, kawasaki versys-x 250 telah dilengkapi dengan mesin 2 silinder Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin dengan kapasitas mesin 250 cc sehingga sangat tangguh ketika diajak untuk touring.

Bicara soal kualitas suspensinya, motor ini sangat baik dan nyaman untuk dipakai ketika touring karena suspensi depannya sendiri telah dilengkapi dengan suspensi berjenis 42 mm telescopic fork dan pada bagian belakang, tersemat suspensi jenis Bottom-Link Uni-Trak, gas charged shock.

Dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi modern, motor ini telah tersematkan speedometer digital dengan sistem pengereman ABS yang memiliki fungsi untuk menghindari ban terkunci ketika penggunanya melakukan pengereman mendadak.

Adapun fitur tambahan seperti side pannier, fog lamps, engine guard, handguard, DC outlet yang berguna untuk keperluan berbagai gadget pengemudi, dan standar tengah. Bisa dikatakan motor ini memang cocok untuk digunakan kala touring karena dilengkapi dengan shock depan yang tinggi serta desain headlamp yang elegan dan handling yang cukup lincah. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Bus Tim Arema Dilempari Batu, Ini Dia Sejumlah Pemain yang Alami Luka-Luka

Sepakbola
| Jum'at, 27 Januari 2023, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement