Advertisement

Piaggio Mau Bawa Vespa dan Motor Listrik ke Indonesia

Anshary Madya Sukma
Jum'at, 25 November 2022 - 04:47 WIB
Jumali
Piaggio Mau Bawa Vespa dan Motor Listrik ke Indonesia Deretan Vespa dipajang di Piaggio Museum dalam perayaan ulang tahun Vespa Primavera ke-50 di Pontedera, Italia, Kamis (19/4). - Reuters - Alessandro Bianchi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia telah melakukan perbincangan dengan produsen Vespa, Piaggio Group untuk menghadirkan motor listrik di Indonesia.

BACA JUGA: Vespa Gandeng Justin Bieber

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Kita sudah diskusi panjang mengenai elektrifikasi dan saya kira Piaggio Group akan segera mulai," kata Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kunjungannya ke pabrik Piaggio Group di Cikarang, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut, Agus melihat saat ini perusahaan otomotif tengah melakukan berbagai macam kesiapan dan pengembangan teknologi menuju era elektrifikasi, termasuk produsen motor asal Italia. 

“Sekarang sudah mulai melakukan persiapan-persiapan dan desain [kendaraan listrik], karena elektrifikasi itu kan butuh teknologi. Nah, teknologi masih akan berkembang khususnya baterai. Ini akan menjadi strategi tersendiri bagi perusahaan-perusahaan termasuk Piaggio Group untuk masuk ke elektrifikasi," lanjut Agus.

Sebelumnya, Piaggio Group sudah memiliki dua model sepeda motor listrik. Pertama, Vespa Elettrica yang pertama kali diperkenalkan pada pameran EICMA di Milan, pada 2018.

Dari segi spesifikasi, Vespa ini memiliki daya baterai 48V dengan kapasitas 86 Ah dan energi baterai sebesar 4,2 kWh. Motor ini dijual US$7.499 atau sekitar Rp106 juta

Selanjutnya, ada Piaggio One memiliki kapasitas baterai 1,4 kWh 48V yang mampu menempuh jarak hingga 55 km dan top speed-nya mencapai 45 km/jam. Dibanderol sekitar €2.300 atau setara Rp39 juta, motor ini diperkenalkan di Beijing Motor Show 2021.

Advertisement

Sementara itu, sejumlah agen pemegang merek sepeda motor mulai serius menggarap pasar sepeda motor listrik di Indonesia mulai tahun depan guna memenuhi target 11,8 juta unit pada 2025.

President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Keiichi Yasuda mengatakan bahwa AHM akan melengkapi line up produksi dengan menanamkan investasi baru, sekaligus meningkatkan komponen lokal secara bertahap.

Menurutnya, AHM telah menyiapkan strategi dan roadmap sepeda motor listrik Honda di Indonesia hingga 2030, dengan meluncurkan setidaknya tujuh model kendaraan listrik.

Advertisement

Terpisah, rodusen sepeda motor listrik pintar Ion Mobility mengenalkan sepeda motor listrik Ion M1-S yang diklaim setara dengan motor matik di segmen 250 cc.

Pendiri dan CEO Ion Mobility James Chan menjelaskan bahwa Ion M1-S dibuat guna memenuhi permintaan sepeda motor listrik di Indonesia yang akan dikirimkan mulai 2023.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Link Live Streaming Kroasia Vs Belgia Kick-Off Pukul 22.00 WIB, Laga Hidup Mati Favorit Juara

Sepakbola
| Kamis, 01 Desember 2022, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement