Advertisement

Gedung di Jakarta Akan Diwajibkan Pasang Charger Mobil Listrik

Dany Saputra
Senin, 14 November 2022 - 08:27 WIB
Budi Cahyana
Gedung di Jakarta Akan Diwajibkan Pasang Charger Mobil Listrik Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Fatmawati, Jakarta, Sabtu (12/12 - 2020). Fast charging 50 kW ini didukung berbagai tipe gun mobil listrik. ANTARA FOTO\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPembangunan charger mobil listrik akan diwajibkan pada gedung-gedung bertingkat di Jakarta. 

Direktur Sarana Transportasi Kemenhub, Danto Restyawan, mengatakan Pemprov akan segera menerbitkan edaran mengenai pemasangan SPKLU sebagai salah satu upaya percepatan adopsi kendaraan listrik, khususnya di DKI Jakarta. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Nanti akan ada edaran dari [Pemprov] DKI Jakarta terkait bahwa SPKLU akan diwajibkan untuk gedung-gedung bertingkat. Jadi nanti teman-teman akan lebih mudah untuk mengisi [daya] listrik [kendaraan] di tempat-tempat yang sudah disiapkan," kata Danto pada acara Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di Bali, dikutip dari siaran YouTube Ditjen Perhubungan Darat, Minggu (13/11/2022). 

Danto menyebut nantinya seluruh gedung-gedung bertingkat di DKI Jakarta akan diwajibkan memasang SPKLU untuk kendaraan listrik, baik gedung milik swasta maupun pemerintah. 

"Jadi hampir semua gedung bertingkat itu diwajibkan baik itu gedung swasta maupun pemerintah," ujarnya.

Pada lingkup internal Kemenhub, Danto mengatakan seluruh kantor cabang kementerian di seluruh Indonesia juga akan diwajibkan untuk menyediakan prasarana pengisian daya listrik itu. 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, menyebut ihwal pemasangan SPKLU di gedung-gedung di Jakarta telah direspons oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Hendro mengatakan pemasangan SPKLU juga akan diwajibkan bagi gedung-gedung baru yang akan dibangun. 

"Setelah direspons oleh Pj Gubernur DKI Jakarta sudah ada aturan untuk gedung-gedung baru terutama tempat yang menjadi pusat konsentrasi masyarakat seperti apartmemen dan mal wajib pasang SPKLU. Mudah-mudahan ke depannya di gedung lama juga bisa menerapkan hal tersebut," kata Hendro, Selasa (1/11/2022). 

Berdasarkan catatan Bisnis, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menyatakan telah membangun setidaknya 139 unit SPKLU di seluruh Indonesia. 

Sementara itu, berdasarkan hasil Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) kendaraan per 25 Oktober 2022, populasi kendaraan listrik di Indonesia sudah mencapai 31.827 unit kendaraan dengan mayoritas yakni kendaraan roda dua atau sepeda motor. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Begini Pembagian Fase Gugur Piala Dunia 2022: Argentina Bagian Atas, Inggris dan Prancis Bawah

Sepakbola
| Kamis, 01 Desember 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement