Advertisement

Motor Listrik Kustom Pertama, Chopper Candradimuka Jadi Lucky Draw di Kustomfest 2022

Sunartono
Jum'at, 30 September 2022 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
Motor Listrik Kustom Pertama, Chopper Candradimuka Jadi Lucky Draw di Kustomfest 2022 Satu unit motor kustom Chopper bermesin listrik yang diberi nama Candradimuka menjadi lucky draw di tunjukkan saat juampa pers di Pendopo Royal Ambarukmo, Depok, Sleman, Jumat (30/9/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lebaran para penggemar motor kustom atau Kustomfest 2022 akan digelar pada Sabtu (1/9/2022) hingga Minggu (2/9/2022) di JEC. Gelaran ini menampilkan pengunjung yang beruntung dengan sebuah motor kustom bertenaga listrik yang dinamai Candradimuka.

Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi mengaku menjadi pengalaman pertama bagi tim Retro Classic Cycles selama untuk membuat karya kustom dengan menggunakan tenaga listrik. Sebelum meng-kustom motor, tim melakukan konsultasi dengan mengenai terkait motor listrik. Hasilnya, ia membuat sebuah Chopper menarik dengan style representasi gaya dari kreasi Retro Classic Cycles (RCC). Chopper ini rampung waktu pengerjaan sekitar 1,5 bulan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Selama ini kami menggunakan mesin berbahan bakar fossil dari mulai jenis V-twin, boxer, hingga mesin pesawat. Kalau frame, suspensi springer, penggerak, itu sudah biasa kami bikin. Setelah adanya motor ini, bisa jadi muncul versi-versi lainnya dengan berbagai temuan inovasi ke depan,” katanya dalam konferensi pers di Pendopo Royal Ambarrukmo, Jumat (30/9/2022).

Chopper Electric Bike ini ditenagai motor drive Mid Drive V3 serta baterai 72V 24AH Dual yang bisa menempuh jarak sejauh 200 kilometer dengan tiga mode riding. Ini merupakan karya pertama motor kustom dengan penggerak listrik. “Kami maunya ada taste berupa Chopper Frisco di motor ini sesuai dengan ciri khas bengkel RCC,” ucapnya.

Modifikasi warna dari Chopper ini merupakan karya dari seorang pengecat motor di sebuah desa pelosok di Blora, Jawa Tengah. Modifikasi desain gambar list Chopper pun awalnya dirancang secara manual, bahkan menggunakan kertas sisa-sisa. Akan tetapi hasilnya mampu menghadirkan bentuk Chopper yang sangat menarik.

“Proses pengecatan dilakukan di rumahnya di tengah hutan. Desain gambar berbentuk api dari kawah ini juga menginspirasi nama  Chopper ini. Tadi malam saya memberikan nama Candradimuka, api dari kawah yang tidak pernah hilang,” katanya.

Lulut mengatakan Kustomfest 2022 menghadirkan sejumlah builder dari luar negeri. Istimewanya lagi, kata dia, pada perhelatan kali ini ada piala bergilir berupa Piala Raja dari Sri Sultan Hamengku Buwono X.

BACA JUGA: Eks Hollywings di Sleman Kembali Beroperasi dengan Nama Baru

Advertisement

“Piala ini bagi kami sebuah tantangan bisa lebih maju karena dipercaya oleh Ngarso Dalem Sri Sultan HB X, menjadi sebuah predikat tersendiri sehingga bukan hanya merepresentasi komunitas kustom tetap juga merepresentasikan Jogja,” katanya.

Ia mengatakan Kustomfest 2022 menghadirkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya baik secara program untuk menaikan level kualitasnya. Inovasi terus dilakukan oleh tim dalam kaitannya dengan industri kreatif seperti halnya kustom kulture yang ditekuninya termasuk soal tradisi lucky draw untuk pengunjung.

“Mengikuti tren perubahan global dalam dunia elektrifikasi tanpa meninggalkan sisi industri kreatif. Kami menuangkannya ke dalam unit motor lucky draw, berupa Chopper electric bike,” katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Luar Biasa! Penonton Pertandingan Piala Dunia 2022 Putaran Pertama Lebih dari 1 Miliar

Sepakbola
| Kamis, 01 Desember 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement