Advertisement

Fitur Keselamatan AYC & ASC Cegah Roda Selip saat di Tikungan, Ini Cara Kerjanya

Sunartono
Jum'at, 02 September 2022 - 10:27 WIB
Sirojul Khafid
Fitur Keselamatan AYC & ASC Cegah Roda Selip saat di Tikungan, Ini Cara Kerjanya Penampakan New Expander Cross dipamerkan pada ajang Motor Auto Show di Atrium Jogja City Mall, Sleman, Kamis (1/9/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAProdusen kendaraan bermotor berlomba-lomba menambah fitur keselamatan. Salah satunya Mitsubishi yang menyematkan fitur Active Yaw Control (AYC) dan Active Stability Control (ASC) pada New Expander Cross yang baru dilaunching pada Agustus 2022 ini. Fitur ini diklaim paling canggih dalam mencegah terjadinya kecelakaan mobil saat berada di tikungan tajam.

Fitur AYC secara aktif ketika mobil mulai manuver berbelok di jalan kering dan licin. Melalui Yaw Sensor, mobil dibuat bisa berbelok berbelok di tikungan tajam akan memperoleh putaran lebih dalam, stabil, dan tidak melebar. Ketika ada gejala roda melebar saat berbelok atau dikenal dengan understeer, secara otomatis sistem rem mengurangi putaran roda sesuai dengan belokan yang sedang dituju.   

Sedangkan fitur keselamatan ASC pada kendaraan ini berfungsi mencegah mobil kehilangan tarikan saat bermanuver terutama di jalan licin. ASC membaca kecepatan roda, jika ada gejala salah satu roda akan tergelincir, maka rem membantu roda tersebut dengan membatasi output mesinnya ke roda. Sehingga tenaga mesin yang dibatasi dapat membantu putaran rida menjadi stabil dan kendaraan kembali mendapatkan traksi atau tarikan. Mitsubishi pernah menggunakan fitur ini pada Lancer Evolution yang diproduksi pada 1992 hingga 2016, kini berani memasang pada segmen menengah pada New Expander Cross.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Kemas 4.000 SPK, Hyundai Stargazer Rebut Posisi Xpander dan Xpander Cross

“Dengan adanya fitur AYC dan ASC, maka akan meningkatkan performa menikung menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan. Saay menikung di jalan licin, AYC akan mengerem roda depan, memungkinkan kendaraan berputar pada garis lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi. Dengan fitur dan control system yang mumpuni tentu akan memberikan keamanan tersendiri bagi pengendara,” kata Head of Sales & Marketing Operation Mitsubishi Motors, Krama Yudha Sales Indonesia di Jogja, Kamis (1/9/2022). 

Koordinator Area Jateng-DIY, Hendro S Abadi, mengatakan fitur semacam ini biasanya disematkan pada mobil mewah dengan harga di atas Rp500 juta. Akan tetapi oleh Mitsubishi diterapkan pada New Expander Cross dengan kisaran hanya Rp300 juta. Mobil ini pun dipamerkan dalam ajang Motor Auto Show di Atrium Jogja City Mall dari Kamis (1/9/2022) hingga Minggu (4/9/2022). 

“Dari sisi keselamatan unit ini sudah tergolong canggih dibandingkan kompetitor di kelasnya, dengan harga sekian itu tetapi fiturnya sudah termasuk mewah. Fitur AYC ini termasuk yang paling viral karena bisa disebut satu-satunya untuk dikelasnya,” katanya. 

BACA JUGA: Meski Belum Diluncurkan, Lexus Kebanjiran Pesanan The ALL New RX

DIY memiliki pasar cukup mendominasi generasi mobil ini dengan pangsa pasar 38% di segmen small MPV selama periode Januari hingga Juni 2022. Sedangkan kontribusi penjualan Expander dan Expander Cross di DIY sebanyak 12% terhadap penjualan nasional dengan rata-rata terjual antara 80 hingga 90 unit per bulan.

Advertisement

Direktur Borobudur Oto Mobil (BOM) Yogyakarta, Kusmaryanto, menyatakan dengan dilaunching unit baru ini diperkirakan akan semakin banyak peminat, karena memiliki fitur yang canggih seperti kelas mobil mewah. “Rata-rata pembeli untuk DIY cash antara 65 persen hingga 70 persen, sisanya kredit. Selain itu yang dipilih adalah kelas lebih tinggi karena konsumen inginnya dengan fitur yang lengkap,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Juventus Mulai Bernegosiasi untuk Gaet Pulisic dari Chelsea

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement