Advertisement

Ekonom Usul Industri Sepeda Motor Indonesia Ekspor ke Afrika

Jaffry Prabu Prakoso
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 08:07 WIB
Sirojul Khafid
Ekonom Usul Industri Sepeda Motor Indonesia Ekspor ke Afrika Sepeda motor baru siap didistribusikan. - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pelaku industri otomotif sepeda motor diminta tidak terlalu fokus pada ekspor di pasar yang sudah jenuh atau banyak pemainnya. Menurut Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, potensi ekspor yang terlihat cerah yaitu kawasan Afrika.

“Untuk pasar sepeda motor di Afrika itu ada potensi ekspor sebesar US$4,8 miliar dan sekarang baru kita lakukan US$3,2 miliar. Artinya, masih ada untapped gap [potensi yang belum dimanfaatkan],” katanya saat dihubungi, Rabu (3/7/2022).

Bhima menjelaskan bahwa Afrika merupakan pasar yang dianggap remeh dan sebelah mata. Padahal, 99,5 persen motor yang dipakai mereka sama dengan yang digunakan Indonesia.

Itu bisa terjadi, menurut Bhima, karena perkembangan otomotif di Afrika terlambat hingga 15 tahun. Itu sebabnya peluang tersebut harusnya dimanfaatkan. “Nah, pada 2026 diperkirakan tingkat market size di Afrika bisa tembus US$26 miliar. Jadi harusnya Indonesia compete dengan negara-negara ke lower income dan middle income country,” jelasnya.

BACA JUGA: Video Sayonara Vios Beredar, Apakah Toyota Setop Produksi Vios?

Bhima menuturkan bahwa hal tersebut lebih penting daripada pemerintah fokus pada pengembangan mobil atau motor listrik. Memang, Indonesia kaya dengan bahan baku baterai listrik. Akan tetapi pasarnya masih di bawah 1 persen.

“Apalagi ingin kendaraan listrik mau dikirim ke mana? Mau ke Amerika Serikat? Susah karena Amerika Serikat punya basis produksi sendiri lalu ada Tiongkok yang punya basis produksi sendiri. Mereka jauh lebih siap,” terangnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

MU Diporakporandakan Brentford, ten Haag: Tim Ini Butuh Tambahan Pemain Berkualitas

Sepakbola
| Minggu, 14 Agustus 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement