Advertisement

Pikap Legendaris L-300 Pertahankan Persneling Leher Selama 40 Tahun, Ini Alasannya

Sunartono
Jum'at, 29 Juli 2022 - 11:27 WIB
Sirojul Khafid
Pikap Legendaris L-300 Pertahankan Persneling Leher Selama 40 Tahun, Ini Alasannya Pikap legendaris New Colt L-300 mulai diluncurkan di Jogja, Kamis (28/7/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mobil bak terbuka L-300 keluaran pabrikan Mitsubishi disebut sebagai salah satu mobil legendaris di Indonesia. Telah mengaspal sejak 1981, L-300 tetap mempertahankan bentuk fisiknya. Bahkan di keluaran terbaru New Colt L-300, tetap mempertahankan tuas persneling di bawah stir atau populer dengan sebutan persneleng leher. Padahal banyak kompetitor yang memodifikasi produk barunya dengan tuas tongkat.

General Manager of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Amiruddin, mengungkapkan dengan jumlah populasi di Indonesia lebih dari 600.000 unit, L-300 sampai saat ini masih mempertahankan gear shift lever atau ruas pemindah persneling di leher stir.

Ia mengakui produk kompetitor memang sudah banyak yang beralih ke tuas tongkat di samping kemudi. Namun New Colt L-300 tetap mempertahankan tuas persneling di leher stir karena selama ini masih disukai oleh konsumen.

"Karena sampai saat ini tuas persneling di leher ini masih disukai para pengguna. Akan tetapi ke depan kami tetap akan melakukan studi jika memang ada permintaan konsumen terkait perubahan tuas persneleng itu untuk disesuaikan," kata Amiruddin saat peluncuran mobil tersebut di Jogja, Kamis (28/7/2022).

BACA JUGA: Hyundai Akan Membuat Pusat Riset Mobil Listrik di Indonesia

Keberadaan tuas persneling di bawah stir memang membuat kabin lebih luas, hal ini sangat sesuai dengan konsumen yang sebagian besar digunakan sebagai angkutan barang. Hingga saat ini L-300 terbaru menjadi satu-satunya pikap yang menggunakan tuas persneling di leher kemudi.

"Karena konsumen masih senang, ketika kami akan mengubah bentuk itu ke tuas tongkat tentu harus melalui studi yang panjang, apakah konsumen menginginkan atau tidak," ujarnya.

Head of Central Java Section Sales Region 2 Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Hendro S Abadi, menambahkan ada banyak alasan pikap L-300 menjadi kendaraan legendaris yang disukai masyarakat.

Secara perawatan praktis dan kemudahan mendapatkan spare part. Harga jual pun masih tinggi meski pun bekas hingga belasan atau puluhan tahun. Selain itu dari sisi mesin lebih unggul dan mampu memuat barang cukup banyak.

BACA JUGA: Bikin Innova Listrik, Toyota Siap Investasi Rp27,1 Triliun di Indonesia

Advertisement

"Sehingga kami tetap mempertahankan body L-300 ini selama 40 tahun. Karena masyarakat masih mempertahankan mobil ini sebagai pendukung operasjonal bisnisnya," katanya.

New Colt L300 juga hadir dengan ukuran kargo 8% lebih luas atau lebih panjang 200 mm menjadi 2.630 mm. Pada eksterior, ada perubahan tampilan dengan desain bumper terkini dan grille baru dengan porsi balutan chrome yang lebih banyak. Selain itu posisi kabin lebih tinggi 100 mm.

Khusus untuk di wilayah DIY pikap ini dilaunching di hadapan para konsumen yang setia menggunakan L-300 pada Kamis (28/7/2022) malam. "Pikap ini di DIY memiliki pangsa pasar hingga 53 persen dan berkontribusi penjualan nasional sekitar 13 persen," ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

"Penyakit" Persebaya Kambuh, Aji Santoso Minta Maaf

Sepakbola
| Minggu, 14 Agustus 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement