Advertisement

Berapakah Harga Avanza dan Xenia Apabila Ada Versi Mobil Listriknya?

Jaffry Prabu Prakoso
Jum'at, 22 Juli 2022 - 00:37 WIB
Sirojul Khafid
Berapakah Harga Avanza dan Xenia Apabila Ada Versi Mobil Listriknya? Toyota All New Avanza hadir dengan transformasi total dari sisi dimensi, sistem penggerak roda, hingga fitur. - TAM

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Apakah bisa menaksir harga mobil dengan bahan bakar minyak, kemudian dijadikan versi mobil listrik? Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, mengatakan hal itu akan sulit untuk menghitung angka ideal harga jual mobil listrik. Meski begitu dia mencontohkan dengan kendaraan Avanza milik Toyota dan Xenia milik Daihatsu.

Menurutnya, harga kendaraan listrik bisa berbeda-beda tergantung model, tipe, hingga spesifikasi. Mobil keluaran Tesla pasti dibanderol di atas Rp1 miliar. Saat ini Avanza dan Xenia berbahan bakar minyak (BBM) dijual antara Rp250 juta sampai Rp300 juta. Bagi Yohannes, berat bagi masyarakat jika mobil itu menjadi bertenaga listrik tetapi harganya di atas Rp500 juta

“Tetapi kalau harganya tidak beda-beda jauh [dari mobil BBM], mungkin peminatnya akan lebih banyak juga. Tetapi itu tergantung berapa lama waktu charging-nya, berapa lama pemakaiannya,” kata Yohannes saat ditemui, Rabu (20/7/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Dijual Mulai September, Berikut Daftar Harga Honda ZR-V

Oleh karena itu, Yohannes menjelaskan bahwa yang menjadi pekerjaan rumah saat ini adalah bagaimana teknologi kendaraan listrik, khususnya baterai bisa dikuasai. Yohannes menuturkan bahwa mobil listrik adalah kendaraan masa depan. Hal tersebut sama seperti peralihan mobil transmisi manual ke matik.

Saat itu, tambah Yohannes, masyarakat masih sungkan menggunakan mobil matik. Beda dengan sekarang karena pola pikirnya sudah berubah. “Begitu orang merasa enak, pasti akan ke sana, tetapi tentu mobil listrik butuh infrastruktur tambahan. Charging listriknya, lalu baterai ada umurnya,” ujarnya.

Yohannes mengakui peluang industri otomotif akan ke arah elektrifikasi. Mobil listrik pasti akan diburu masyarakat. “Wuling sudah main. Beberapa juga sudah keluar. Toyota juga akan mengeluarkan mobil listrik. Jadi, arahnya ke sana,” ungkapnya.

BACA JUGA: Berikut Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia: Wuling sampai Tesla

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Ucapan Duka dari Tokoh Dunia untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Sepakbola
| Rabu, 05 Oktober 2022, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement