Advertisement

Suzuki Indonesia Miliki Fasilitas Ekspor Eksklusif ke Seluruh Negara Asean

Jaffry Prabu Prakoso
Selasa, 12 Juli 2022 - 08:47 WIB
Sirojul Khafid
Suzuki Indonesia Miliki Fasilitas Ekspor Eksklusif ke Seluruh Negara Asean Suzuki Indonesia dapat fasilitas ekspor eksklusif ke seluruh negara Asean. - Suzuki

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Suzuki Indonesia mendapatkan fasilitas eksklusif berupa kemudahan proses ekspor mobil dari Direktorat Jenderal Bea Cukai. Volume yang tinggi dan kepatuhan terhadap prosedur ekspor yang baik menjadi pertimbangan.

Pemerintah memilih Suzuki untuk menjadi bagian dari proses pembentukan Asean Authorized Economic Operator Mutual Recognition Arrangement (AEO MRA) atau bagian dari Bea Cukai Asean. Melalui organisasi tersebut, perusahaan akan memperoleh kemudahan ekspor ke negara-negara Asean.

Advertisement

Kemudahan ekspor tersebut berupa proses clearance dipercepat di negara tujuan, pengamanan supply chain, serta pengakuan tingkat kepatuhan prosedur yang setara di antara negara-negara Asean.

Dari fasilitas eksklusif, diyakini akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya. Dengan begitu, kinerja ekspor Suzuki dapat terus naik.

BACA JUGA: Tesla Hentikan Produksinya Dua Pekan di Berlin

Direktur Suzuki Indonesia, Shodiq Wicaksono, mengatakan bahwa perusahaannya menjadi satu-satunya agen pemegang merk (APM) yang dijadikan contoh dalam hal kepatuhan prosedur ekspor oleh Bea Cukai Asean.

“Dengan hal ini, semoga konsumen kami di manca negara, khususnya ASEAN, dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya,” katanya melalui keterangan pers, Senin (11/7/2022).

Asean AEO MRA merupakan salah satu inisiatif di forum Bea Cukai Asean. Tujuannya adalah memfasilitasi perdagangan melalui pemberian pengakuan terhadap program AEO yang dimiliki negara-negara anggota Asean.

Di tengah pengembangan MRA regional, validasi bersama dilakukan untuk memastikan bahwa program AEO diimplementasikan oleh seluruh negara anggota.

BACA JUGA: Penjualan Mobil Seken Naik Gara-Gara Harga Mobil Anyar Mahal

Adapun sepanjang empat bulan pertama 2022 atau Januari hingga April, model XL7 mencatat pertumbuhan ekspor CBU atau completely built-up (CBU) sebesar 30 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021.

Mobil LSUV unggulan PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) ini berada pada peringkat pertama sebagai kontributor ekspor CBU diikuti oleh All New Ertiga dan New Carry Pick Up.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Prediksi Skor South Korea U-23 vs Indonesia U-23 Piala Asia 2024: Susunan Pemain, Head to Head dan Link Live Streaming

Sepakbola
| Kamis, 25 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement