Advertisement

Setop Produksi Mobil Bensin pada 2030, MINI Rilis Mobil Listrik

Jaffry Prabu Prakoso
Selasa, 14 Juni 2022 - 04:37 WIB
Sirojul Khafid
Setop Produksi Mobil Bensin pada 2030, MINI Rilis Mobil Listrik Dealer Mini di Bandung. - MINI

Advertisement

Harianjogja, JAKARTA—Merek otomotif Grup BMW, MINI, meluncurkan mobil listrik perdana mereka di Indonesia. Hal ini menyusul rencana perusahaan ini untuk menyetop produksi mobil berbahan bakar bensin pada 2030. Head of MINI Asia, Kidd Yam, mengatakan untuk menuju full listrik pada 2030, mereka mulai dengan peluncuran MINI Electric. Setelah itu, akan ada pembangunan kapabilitas jaringan, teknisi, workshop, dan kepercayaan konsumen.

Kidd menjelaskan bahwa dalam proses tersebut, MINI saat ini tengah membangun infrastruktur pendukung kendaraan listrik di Tanah Air. “Semua persiapan dipastikan. Kami melihat respons seperti apa dan apa saja yang dibutuhkan pelanggan. Kami akan terus tingkatkan,” katanya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Advertisement

BACA JUGA: VSC Bermasalah, Toyota Tarik Land Cruiser 300

Sementara itu, MINI Electrik yang baru saja diluncurkan di Indonesia ditawarkan mulai dari Rp945 juta off the road. Mobil ramah lingkungan tersebut diklaim dapat mencapai kecepatan maksimum 150 km/jam dan jarak mengemudi hingga 232 km.

Setidaknya ada tiga jenis alat pengisi daya. Tipe 2 dengan MINI Wallbox di rumah ataupun pengisian umum, daya pengisian hingga 11 KW membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi 80 persen baterai. Menggunakan travel charger dengan daya pengisian 2,3 KW membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mengisi 80 persen daya kendaraan.

BACA JUGA: Ada tabrakan, Beberapa Mobil Tesla dengan Autopilot akan Ditarik

Sedangkan DC atau fast charging dengan daya pengisian hingga 50 KW membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk mengisi 80 persen daya kendaraan. “Ketika full charge [baterai penuh], Anda bisa ke Jakarta-Bandung. Lalu makan siang, ke kedai kopi, cas baterai, dan kembali ke Jakarta,” terang Kidd.

Harga yang ditawarkan MINI Electric sudah termasuk MINI wallbox, kabel untuk public charging, serta travel charger, termasuk biaya pemasangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Statistik Timnas Indonesia Melawan South Korea di Perempat Final Piala Asia, Memang Pantas Menang

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement