Advertisement

GM Akan Tarik Ongkos Penumpang Mobil Swakemudi

Jumali
Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:27 WIB
Jumali
GM Akan Tarik Ongkos Penumpang Mobil Swakemudi General Motors / Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Divisi mobil listrik General Motors (GM Cruise) mengumumkan telah mengantongi izin untuk memungut biaya kepada konsumen atas penggunaan mobil swakemudi (self-driving) di San Francisco, Amerika Serikat.

Mobil swakemudi tanpa supir menjadi pemandangan yang umum di San Francisco. Konsep mobilitas seperti itu dianggap praktis dan berpotensi menjadi ladang bisnis baru di kota-kota besar, yakni taksi tanpa pengemudi. Mobil-mobil itu sebelumnya dapat digunakan gratis karena masih dalam tahap uji coba.

Advertisement

Setelah mengantongi izin dari otoritas setempat, GM akan meluncurkan layanan berbayar pada 30 kendaraan listrik Chevrolet Bolt yang beroperasi tanpa pengemudi.

Clifford Rechtschaffen, Komisaris Utilitas Publik California, menyetujui izin pengoperasian armada tersebut dengan syarat "mengambil pendekatan bertahap yang hati-hati" untuk mengatur kendaraan otonom.

"Resolusi itu menandai langkah penting lainnya dalam upaya itu," katanya, dikutip dari Antara.

"Ini akan memungkinkan staf kami untuk terus mengumpulkan data yang sangat penting yang akan mendukung pengembangan di fase mendatang."

Mobil-mobil tanpa supir itu tidak bisa melaju sembarangan, melainkan dibatasi pada wilayah tertentu dengan kecepatan maksimal 48 km/jam.

Armada itu dilarang beroperasi pada pukul 10 malam hingga 6 pagi, dan tidak diizinkan berjalan saat terjadi kabut tebal serta hujan deras.

Masyarakat setempat, terutama pebisnis dan kalangan penyandang disabilitas, menyatakan dukungannya atas pengoperasian mobil itu.

Kendati demikian, masih banyak pekerjaan rumah bagi GM dan otoritas setempat untuk memastikan pengoperasian mobil itu tidak akan mengganggu atau membahayakan masyarakat di sekitarnya.

Sebelumnya, mobil Cruise AV pernah berhenti sembarangan dan menghalangi mobil pemadam kebakaran yang melintas untuk menangani tiga kasus kebakaran.

Pada kasus lainnya, mobil itu pernah dihentikan polisi, namun saat petugas mencatat sesuatu, mobil itu langsung pergi dan meninggalkan polisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement