Advertisement

Hal Sepele yang Membuat Motor Boros Bahan Bakar

Jumali
Kamis, 26 Mei 2022 - 07:47 WIB
Jumali
Hal Sepele yang Membuat Motor Boros Bahan Bakar Ilustrasi kegiatan touring dengan menggunakan sepeda motor. - Istimewa/Honda

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Ada berbagai faktor yang membuat motor boros bahan bakar. Selain perilaku berkendara, ada sejumlah hal teknis dan kecil yang terkadang sepele menjadi penyebab motor boros bahan bakar. Lalu apa saja hal teknis dan kadang sepele yang telah membuat motor boros bahan bakar? Berikut penjelasannya :

- Rantai

Kondisi rantai motor yang kendur akan membuat tarikan mesin ke roda jadi lebih berat. Hasilnya, membuat mesin memerlukan tenaga lebih dan boros bahan bakar. Solusinya, Anda harus kencangkan rantai agar bahan bakar motor Anda tidak boros nantinya.

Advertisement

- Angin ban

Kondisi ban yang kempes atau tekanan angin ban yang rendah telah menjadi penyebab motor boros bahan bakar. Sebab, mesin memerlukan tarikan atau tenaga yang lebih besar dan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

- Tutup tangki

Jika tangki tidak ditutup rapat, maka bensin bisa menguap dan terbuang sia-sia. Oleh karena itu, pastikan tangki bahan bakar telah ditutup secara rapat.

- Kebanyakan Beban

Beban yang berlebih membuat motor harus mengeluarkan tenaga ekstra. Dan konsumsi bahan bakar pun akan lebih banyak.

- Kurang Dirawat

Kebersihan motor ada kaitannya dengan efisiensi penggunaan bahan bakar. Motor yang jarang dibersihkan akan menimbulkan kerak pada bagian as roda dan membuat boros bahan bakar.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Chelsea Harus Banyak Keluar Uang untuk Gaet Sterling dan Raphinha

Sepakbola
| Rabu, 29 Juni 2022, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement