Advertisement

Penyebab Karburator Mobil Lawas Banjir

Jumali
Minggu, 22 Mei 2022 - 06:47 WIB
Jumali
Penyebab Karburator Mobil Lawas Banjir Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Ada banyak sekali penyebab mobil lawas mogok. Salah satunya adalah karburator mobil lawas banjir, seperti yang dialami oleh mobil dengan teknologi lama. Oleh karena itu, Anda harus mengecek beberapa penyebab kenapa karburator mobil lawas Anda bisa banjir. Berikut caranya, dikutip dari berbagai sumber :

1. Karburator Rusak

Penyebab karburator banjir yang pertama adalah kerusakan di bagian tersebut. Kalau kondisinya memang sudah terlalu tua dan tidak mendapatkan perawatan optimal, maka sudah pasti rusak. Korosi dan kotoran yang sudah berkerak menjadi faktor utama. Mau tidak mau Anda harus mengganti karburator dengan yang baru.

Advertisement


2. Pelampung Bocor

Kalau kondisi karburator masih bagus, coba cek bagian pelampung yang berfungsi untuk menutup saluran bensin ketika suplai sudah penuh. Bisa saja bagian yang memiliki sistem buka tutup ini sudah bocor. Ketika sudah bocor, maka jarum pelampung tidak mampu menutup saluran bahan bakar. Akhirnya bahan bakar terus mengalir hingga membuat karburator banjir.

3. Setelan Pelampung Lebih Tinggi

Pemasangan pelampung yang tidak tepat akan membuat karburator banjir. Anda sebaiknya langsung melakukan servis karburator agar masalah ini cepat selesai.

4. Jarum Pelampung Kotor

Coba perhatikan kondisi jarum pelampung. Apakah kotor atau tidak. Jika memang kotor, maka jarum tidak bisa bekerja secara optimal. Sebaiknya segera bersihkan jarum tersebut. Kalau mau, ganti saja dengan yang baru.

5. Perakitan Karburator Ternyata Salah

Kondisi mobil bekas memang bisa berbagai macam. Jika karburator sudah pernah diganti tapi malah muncul masalah banjir, bisa jadi ada kesalahan saat perakitan.

Masalah ini tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Karburator adalah sistem penting dalam mobil. Kalau ada kesalahan perakitan, seperti pelampung karburator yang terjepit, maka sudah pasti menimbulkan masalah.

6. Selang Pembuangan Sudah Rusak

Selain itu ada penyebab lain yang bisa membuat karburator banjir seperti selang pembuangan yang sudah rusak. Kalau selang ini tidak bekerja dengan baik, maka bahan bakar justru keluar melalui lubang pembakaran. Akhirnya karburator menjadi banjir karena terlalu banyak bahan bakar yang masuk.

7. Spring Needle Valve Patah

Per ini ada di jarum pelampung karburator. Kalau komponen ini telah patah, maka jarum pelampung tidak bisa menutup rapat saluran bahan bakar. Apa yang terjadi? Karburator pasti kebanjiran.

Advertisement

8. Jarung Pelampung Sudah Aus

Inilah bagian yang penting karena menjadi penyumbat jalannya aliran bahan bakar ke ruang bakar. Ketika jarum pelampung sudah aus, maka tidak akan kontrol yang tepat untuk jumlah bahan bakar ke dalam ruang pembakaran.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Deal Rp1,2 Triliun, Frenkie de Jong Merapat ke Old Trafford pada 30 Juni

Sepakbola
| Minggu, 26 Juni 2022, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement