Advertisement

Cara Atasi dan Cegah Bau Apek di Mobil

Jumali
Sabtu, 21 Mei 2022 - 23:37 WIB
Jumali
Cara Atasi dan Cegah Bau Apek di Mobil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAMobil Anda mengalami bau apek? Tenang, Anda bisa menghilangkan bau apek tersebut dengan mudah. Bagaimana caranya? simak penjelasannya berikut ini :

Bau apek di mobil bisa disebabkan berbagai faktor, yakni kebersihan, filter AC yang kotor, karpet mobil yang kotor, jok mobil yang kotor.

Advertisement

Adapun cara mengatasi bau apek di mobil adalah sebagai berikut :

- Bahan alami

Anda bisa menggunakan bubuk kopi, dan meletakkannya di bawah jok atau di tempat yang bau. Selain itu, Anda bisa menggunakan air cuka dengan jalan menyemprotkannya pada sumber bau. Anda juga bisa meletakkan beberapa daun pandan yang sudah dipotong-potong di dalam mobil. Aromanya bisa bertahan hingga seminggu. Serai dan kayu manis juga bisa mengusir bau tidak sedap di dalam mobil.

- Cara lain

Anda bisa menghilangkan bau apek di mobil dengan cara lainnya seperti menempatkan produk penyerap bau. Selain itu Anda bisa menggunakan menggunakan sikat, air, serta sabun untuk membersihkan sumber bau apek. Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sumber bau tidak sedap adalah dengan memaksimalkan penggunaan vacuum cleaner.

Tips mencegah timbulnya bau apek di mobil

- Jemur di bawah sinar matahari

Anda sebaiknya membersihkan semua aksesoris di dalam mobil seperti karpet, jok, lalu menjemurnya di bawah sinar matahari.

- Rutin mengecek kabin

Anda harus rutin mengecek keadaan dalam kabin dan membuka seluruh pintu dan jendela agar sirkulasi udara di dalam mobil tetap bisa berjalan.

- Hindari penggunaan pengharum ruangan

Penggunaan pengharum ruangan ternyata juga bisa menimbulkan bau apek di dalam mobil. Hal tersebut dikarenakan butiran air pengharum ruangan tersebut apabila masuk ke dalam evaporator AC, akan membentuk embun yang menyebabkan timbulnya jamur dan bau apek.

- Menggunakan bahan alami

Mencegah munculnya bau apek dan bau tidak sedap di dalam mobil bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami dan meletakkannya di dalam mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Dilepas Heerenveen, Nathan Akhirnya Bisa Main Lawan Korea

Sepakbola
| Rabu, 24 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement