Advertisement

Tips Libas Jalan Menanjak dengan Mobil Manual untuk Pemula

Jumali
Jum'at, 20 Mei 2022 - 04:17 WIB
Jumali
Tips Libas Jalan Menanjak dengan Mobil Manual untuk Pemula Sebuah mobil mogok di salah satu tanjakan yang ada di Jalan Cinomati, Minggu (23/12/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Para pengendara mobil yang masih pemula sering kali dihadapkan pada kesulitan saat melewati jalanan menanjak. Apalagi mobil yang dikendarai adalah mobil manual. Hal ini wajar, sebab mereka belum terbiasa mengendarai mobil di jalan menanjak.

Berikut tips mengendarai mobil manual di jalan menanjak untuk pemula :

- Kopling dan pedal rem

Untuk mengatasi kemungkinan keadaan macet di jalan yang menanjak, maka Anda bisa menginjak kedua pedal baik kopling maupun pedal rem secara bersamaan. Kaki kanan bertugas untuk menginjak pedal gas saat akan menjalankan mobil. Injak pedal gas hingga 2000 rpm dan kurangi tenaga kaki kiri pelan-pelan sampai menjadi setengah. Jangan lepaskan pijakan kaki kiri pada keadaan macet sehingga Anda bisa langsung berhenti ketika dibutuhkan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

- Kemiringan tanjakan

Anda bisa menggunakan gigi dua saat level kemiringan sedang. Sedangkan jika kemiringan jalanan menanjaknya semakin curam, maka Anda bisa menggunakan gigi satu.

- Rem tangan

Anda bisa menginjak pedal kopling secara maksimal dengan kaki kiri. Dalam waktu yang bersamaan tarik juga tuas rem tangan. Anda tetap harus siaga dalam keadaan berhenti. Pastikan kaki kanan berada di posisi untuk menginjak pedal gas, kaki kiri tetap menginjak pedal kopling dan tangan kiri berada pada tuas rem tangan.

- Jarak aman

Anda harus memberi jarak aman dengan kendaraan di depan. Jarak aman diperlukan guna mengatasi kecelakaan tidak terduga ketika kendaraan di depan mundur mendadak.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Persib Punya Modal Bagus Jelang Jamu Persija

Sepakbola
| Kamis, 29 September 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement