Advertisement

Cek Hal Ini Jika Anda Usai Jalani Perjalanan Jauh dengan Motor

Jumali
Selasa, 17 Mei 2022 - 07:47 WIB
Jumali
Cek Hal Ini Jika Anda Usai Jalani Perjalanan Jauh dengan Motor Ilustrasi kegiatan touring dengan menggunakan sepeda motor. - Istimewa/Honda

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Anda baru saja melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor? Lakukan hal ini agar sepeda motor Anda awet dan tetap prima :

1. Mencuci motor

Cuci sepeda motor karena tidak dipungkiri ada kotoran yang menempel di bodi dan bagian-bagian lain yang sulit dijangkau seperti area bawah motor atau area mesin.

2. Ganti oli

Ganti oli untuk tetap menjaga performa sepeda motor tetap prima. Untuk oli mesin, direkomendasikan melakukan penggantian setiap 4.000 km atau sesuai dengan jadwal yang ada pada buku service.

3. Cek filter udara udara

Cek filter udara apabila kondisinya sangat kotor dan gantilah dengan yang baru, untuk penggantiannya dilakukan setiap 12.000 km.

4. Mengecek busi

Ceklah busi setiap 4000 Km dan ganti setiap 8000 Km. Jika busi masih dalam keadaan bagus, lakukan pembersihan busi itu sendiri.

5. Cek rem

Jika kampas rem sudah terindikasi habis atau tipis maka segera ganti dengan yang baru. Namun, jika kondisi kampas rem masih bagus, tetap perlu dibersihkan agar area pengereman terhindar dari kotoran atau pasir yang dapat menghambat proses pengereman.

6. Cek kondisi ban

Cek tekanan angin ban serta kondisi ban. Ban yang sudah tipis karena habis terpakai dapat membahayakan bagi pengendara.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jersey Inter Milan Bakal Tanpa Logo Sponsor, Ini Alasannya

Sepakbola
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 03:57 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement