Advertisement

Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Tekor

Jumali
Senin, 16 Mei 2022 - 06:47 WIB
Jumali
Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Tekor Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Aki tekor akan menyebabkan mobil susah distarter. Tentu saja, kondisi ini tidak diinginkan oleh para pemilik mobil. Lalu, apa saja penyebab aki mobil tekor? berikut penjelasannya :

1. Mobil jarang dipanaskan

Mobil jarang dipanaskan membuat aki tekor. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghidupkan atau memanaskan mesin mobil seminggu sekali jika memang benar-benar tidak digunakan.

2. Air aki habis

Bagi Anda pengguna aki basah, maka Anda harus memastikan air aki tidak habis. Jika dibiarkan, aki bisa menjadi soak. Untuk itu, lakukan pengecekan air aki sebelum bepergian, khususnya ke tempat yang cukup jauh agar mesin tetap berjalan dengan normal.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

3. Terlalu banyak aksesoris

Aksesoris kendaraan yang terlalu banyak menyedot daya aki akan membuat aki mobil tekor. Sebab, aki bawaan standar mobil dirancang untuk mengakomodir kebutuhan kelistrikan secara wajar, maka hindari penggunaan aksesoris dan modifikasi kelistrikan yang berlebihan.

4. Aki sudah berumur

Aki mobil yang sudah berumur bisa menjadi penyebab aki tekor. Anda sebaiknya membeli yang baru jika memang kondisi aki yang sekarang dimiliki sudah tua.

5. Ganti aki dengan kapasitas yang sesuai

Anda perlu mencari kapasitas aki yang sesuai dengan kebutuhan daya listrik mobil yang dimiliki. Jika Anda ingin mengganti aki mobil, carilah kapasitas yang besar atau sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda membeli aki yang terlalu kecil.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Juventus Mulai Bernegosiasi untuk Gaet Pulisic dari Chelsea

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement