Pabrik Khusus Mobil Listrik Pertama di Jepang Didirikan Oleh Subaru

Subaru Solterra / Subaru
14 Mei 2022 16:27 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA — Pabrikan otomotif asal Jepang, Subaru telah mengkonfirmasi akan membangung pabrik mobil listrik di Jepang. Pabrik tersebut bakal menjadi pusat manufaktur mobil listrik pertama yang dibangun dari nol di Jepang.

Pabrik disebut akan menelan investasi sekitar US$1,9 miliar atau setara Rp28 triliun. Pabrik dari Subaru ini akan dibangun di dekat pabrik utama Subaru dan fasilitas lainnya di Ota, Prefektur Gunma. Target produksi masih belum jelas, tapi diperkirakan sanggup menghasilkan beberapa puluh ribu mobil per tahun. Subaru berharap pabrik baru itu akan memberikan dorongan besar untuk produksi mobil listrik.

Subaru mulai menerima pesanan pada 12 Mei untuk mobil listrik pertama yang dijual di seluruh dunia, Solterra. Sasis mobil ini hasil kolaborasi antara Subaru dengan Toyota Motor. Subaru memproduksi mobil itu ke pabrik Motomachi Toyota di Prefektur Aichi. Saat ini telah Subaru menghasilkan 700.000 unit mobil per tahun, dan sebagian besar kendaraan bertenaga bensin. Subaru berharap dapat meningkatkan pangsa penjualan mobil listrik dan hybrid menjadi lebih dari 40 persen pada 2030.

Sumber : NHK & Automotive News