Advertisement

Cara Rawat Motor yang Jarang Digunakan agar Tetap Awet dan Prima

Jumali
Rabu, 11 Mei 2022 - 08:47 WIB
Jumali
Cara Rawat Motor yang Jarang Digunakan agar Tetap Awet dan Prima Ganti Oli Motor - Federal Oil

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPerawatan tetap diperlukan untuk motor yang jarang dipergunakan. Sebab, tanpa ada perawatan, maka kondisi mesin, body dan komponen motor tidak akan bisa prima saat nantinya dipergunakan. Nah, agar motor yang jarang dipergunakan tetap awet dan tetap prima, simak tips berikut ini :

- Panaskan mesin secara rutin

Anda bisa memanaskan mesin motor setiap hari selama 5-10 menit. Langkah memanaskan mesin ini dapat membuat oli menjadi tersirkulasi. Sehingga, sparepart yang terdapat di dalam mesin menjadi terlumasi dan mesin motor awet dan mampu bekerja dengan prima.

Advertisement

- Kondisi oli dan aki

Pastikan kondisi oli dan aki dalam keadaan baik. Dengan seringnya Anda mengecek kondisi oli dan aki untuk motor yang jarang dipakai akan meminimalisasi terjadinya malfungsi pada motor.

- Pelumas

Selama motor terparkir di rumah, Anda sebaiknya untuk melumasi beberapa komponen dengan oli. Adapun bagian yang harus dilumasi adalah kabel gas, kabel kopling, rantai dan per standar samping. Untuk bearing komstir, laher as roda, as roda atau pada laher swing arm sebaiknya Anda lumasi dengan pelumas.

- Tekanan udara di ban

Saat motor jarang digunakan, tekanan ban sering berkurang atau kempes. Anda bisa menambahkan tekanan udara, pastikan juga tekanannya sesuai dengan ukuran standar yang dibutuhkan oleh ban.

- Servis rutin

Meski jarang dipakai, perawatan berkala pada sepeda motor merupakan sebuah keharusan. Lakukan servis sesuai anjuran yang ada pada buku petunjuk servis.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Berebut Medali Perunggu Sepakbola Sea Games 2021, Ini Prediksi Indonesa vs Malaysia

Sepakbola
| Sabtu, 21 Mei 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Wisata
| Sabtu, 21 Mei 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement