Advertisement

Kebiasaan yang Bikin Motor Matik Cepat Jebol

Jumali
Selasa, 10 Mei 2022 - 07:47 WIB
Jumali
Kebiasaan yang Bikin Motor Matik Cepat Jebol Ganti Oli Motor - Federal Oil

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA β€” Sepeda motor matik saat ini tengah menjadi primadona. Hal ini dibuktikan dengan mudahnya kita menemukan sepeda motor matik di berbagai tempat. Namun, dibalik keberadaannya, tidak banyak orang tahu bagaimana merawat dan menggunakan motor matik yang benar. Bahkan, banyak yang tidak sadar kerap melakukan kebiasaan yang dapat mempercepat kerusakan pada motor matik.

Berikut kebiasaan buruk yang dapat mempercepat kerusakan pada motor matik :

1. Langsung menyalakan mesin ketika kunci kontak di posisi β€˜on’

Saat menyalakan mesin, pengguna harusnya menunggu sampai indikator MIL hilang. Hal ini bertujuan agar pengguna bisa mengetahui kondisi motor. Apakah ada kerusakan yang terjadi.

2. Tuas rem ditekan sambil berjalan

Kebiasaan ini paling lazim ditemukan. Pengguna kerap tidak sadar jari tangannya selalu ada pada tuas rem dan menekannya. Dampak yang paling ringan adalah lampu rem yang cepat rusak, sampai yang paling parah yaitu komponen pengereman menjadi cepat aus.

3. Menahan gas ketika kondisi jalan macet

Pengguna sering malakukan kebiasaan ini dengan maksud menjaga putaran mesin motor matic dengan cara menahan gas sekaligus menekan tuas rem. Akhirnya, komponen kampas kopling cepat aus.

4. Ganti oli CVT

Pengguna motor matik kerap lupa mengganti oli CVT. Hal ini akibat pemilik terlalu fokus melakukan penggantian oli mesin saja.

5. Asal putar gas


Saat sedang dikejar waktu, pengguna motor matik kerap memutar gas sedalam-dalam saat awal akselerasi. Kebiasaan ini dapat memperpendek umur komponen v-belt, roller dan menjadi borosnya konsumsi BBM.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jersey Inter Milan Bakal Tanpa Logo Sponsor, Ini Alasannya

Sepakbola
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 03:57 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement