Advertisement

Motor Mogok Usai Dicuci, Cek Komponen Ini

Jumali
Selasa, 10 Mei 2022 - 04:17 WIB
Jumali
Motor Mogok Usai Dicuci, Cek Komponen Ini Seorang warga mencuci sepeda motor milik pelanggannya di Nglajur, Delanggu, Klaten, Rabu (4/3/2020). - Ponco Suseno/Solopos

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJAMotor mogok usai dicuci. Hal ini pasti pernah Anda alami. Utamanya, Anda yang memiliki motor dengan usia di atas lima tahun. Lalu, apa yang bisa dilakukan saat motor mogok usai dicuci? Anda bisa melakukan pengecekan beberapa hal di bawah ini :

- Karburator

Karburator adalah komponen vital untuk ruang bakar. Saat dicuci, ada kemungkinan karburator kemasukan air. Oleh karena itu, ada baiknya Anda bongkar karburator dan keringkan jika mendapati motor mogok usai dicuci.

Advertisement

- Kop busi

Ini adalah bagian yang menghubungkan kabel busi dengan busi. Kop busi motor juga bisa menjadi masalah utama motor mogok karena air bisa cukup mudah masuk ke dalam bagian tersebut. Untuk membersihkannya, hanya perlu mencopot kop busi dan membersihkannya dengan kain kering.

- Pengapian

Pastikan bagian pengapian atau elektroda busi kering. Anda juga bisa mengecek pengapian dengan jalan menempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Nyalakan motor dengan kick starter. Kalau ada percikan api keluar, maka kelistrikan dari motor tidak bermasalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Berikut Tim yang Lolos ke Semifinal Liga Europa 2024 dan Jadwal Pertandingannya

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement