Advertisement

Penyebab Bunyi Gesekan pada Roda Depan Mobil

Jumali
Senin, 09 Mei 2022 - 03:47 WIB
Jumali
Penyebab Bunyi Gesekan pada Roda Depan Mobil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Bunyi gesekan pada roda depan mobil memang sangat menganggu kenyamanan kita. Selain itu, jika bunyi gesekan tersebut tidak segera ditangani akan menimbulkan kerusakan lainnya.

Berikut penyebab bunyi gesekan pada roda depan mobil :

Advertisement

1. Karet Support Shockbreaker Rusak

Karet support shockbreaker yang mengalami kerusakan atau aus dapat menimbulkan bunyi gesekan. Bahkan tidak hanya bunyi gesekan saja, tetapi juga terdengar bunyi benturan lainnya saat mobil melewati jalan tidak rata.

2. Bushing Lower Arm Rusak

Kerusakan yang dialami bushing lower arm ditandai dengan terdengar bunyi gesekan. Alasannya karena pelapis komponen ini sudah rusak dan hilang. Akhirnya bushing lower arm langsung bergesekan dengan komponen lainnya.

3. Shock Absorber Rusak

Shock absorber dapat mengalami kerusakan dengan ditandai kebocoran cairan di bagian dalamnya. Kebocoran ini membuat kinerja shock absorber untuk meredam guncangan berlebihan menjadi tidak maksimal sama sekali.


4. Ball Joint Rusak

Advertisement

Ball joint berfungsi untuk mendukung roda mobil berbelok karena bentuknya seperti engsel yang mampu berputar hingga 360 derajat. Jika komponen ini rusak, maka bunyi gesekan pada roda depan mobil dapat muncul.

5. Bushing Upper Arm Rusak

Komponen ini memiliki bagian pelapis yang berfungsi untuk melindungi komponen tersebut saat penggunaannya. Namun bagian pelapis yang sudah menipis hingga rusak dapat menimbulkan masalah bunyi ini. Kebiasaan tidak melakukan perawatan dan penggunaan mobil yang terlalu kasar menjadi pemicunya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Unggul 2 Poin atas Inter, Milan Rajai Seri A Italia Musim Ini

Sepakbola
| Senin, 23 Mei 2022, 02:07 WIB

Advertisement

alt

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Wisata
| Sabtu, 21 Mei 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement