Advertisement

Sepeda Motor Ditinggal Mudik, Simak Tips Penyimpanannya yang Aman

Arief Junianto
Jum'at, 29 April 2022 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Sepeda Motor Ditinggal Mudik, Simak Tips Penyimpanannya yang Aman Ilustrasi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Idulfitri 1443 Hijriah tinggal menghitung hari, masyarakat yang hidup di perantauan sudah mulai mempersiapkan diri untuk mudik. Saat meninggalkan sepeda motor di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.  

Saat mudik dengan menggunakan moda transportasi umum ataupun mobil pribadi, tak jarang sepeda motor kesayangan akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama. Untuk memastikan sepeda motor Anda tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan setelah pulang dari kampung halaman, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro berbagi tip saat meninggalkan sepeda motor.

BACA JUGA: Honda Luncurkan Dua Mobil Listrik di China

Simpan sepeda motor di tempat yang teduh

Simpan sepeda motor di tempat yang aman dari hujan dan panas sinar matahari langsung (dijemur). Sangat direkomendasikan untuk menyimpan sepeda motor di dalam garasi atau ruang tertutup. Jika perlu tutup dengan cover sepeda motor agar debu tidak menempel pada sepeda motor.

Dirikan sepeda motor dengan standar ganda (main stand)

Untuk sepeda motor yang dilengkapi dengan standar ganda (main stand), berdirikan sepeda motor dengan standar tersebut. Untuk beberapa tipe motor sport yang tidak dilengkapi dengan standar ganda, lebih baik dirikan sepeda motor dengan paddock stand. Selain itu, direkomendasikan untuk memberi alas kayu, keset, atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Karena ban yang bersentuhan langsung ke lantai akan lebih cepat kehilangan tekanan udara.

Simpan sepeda motor dalam kondisi bersih dan kering

Sebelum meninggalkan sepeda motor untuk mudik, jangan lupa cuci dan keringkan hingga benar-benar bersih dan kering. Air yang tertinggal bisa memicu munculnya korosi atau karat serta noda bekas air di bagian badan sepeda motor.

Cabut aki sepeda motor

Jika memutuskan untuk mudik dalam jangka waktu yang cukup lama, lebih baik cabut aki sepeda motor. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir ke berbagai komponen yang ada sehingga aki soak atau kehilangan daya.

Isi BBM sampai penuh atau kuras sampai benar-benar kosong

Untuk menghindari terjadinya kondensasi karena penguapan BBM, lebih baik isi tanki sepeda motor Honda sampai penuh atau kuras hingga benar-benar kosong. Proses kondensasi yang terjadi bisa menjadi pemicu timbulnya karat pada tanki yang bisa berujung pada kebocoran.

Dalam kondisi tertentu, pilihan untuk mengosongkan tanki bahan bakar menjadi pilihan yang lebih menenangkan. Termasuk di dalamnya menjauhkan sepeda motor dari sumber listrik atau sumber api untuk meminimalkan risiko kebakaran.

Pastikan sepeda motor terkunci dengan aman

Saat akan meninggaklkan sepeda motor untuk mudik, pastikan sepeda motor terkunci dengan aman. Beberapa produk sepeda motor Honda telah dilengkapi dengan Smart Key System yang terintegrasi dengan Immobilizer dan Anti Theft Alarm namun tidak ada salahnya untuk memberikan kunci pengaman tambahan seperti kunci roda ataupun kunci rem cakram.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jersey Inter Milan Bakal Tanpa Logo Sponsor, Ini Alasannya

Sepakbola
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 03:57 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement