Advertisement

Peralatan yang Wajib Ada di Mobil

Jumali
Selasa, 01 Maret 2022 - 02:17 WIB
Jumali
Peralatan yang Wajib Ada di Mobil  Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sejumlah peralatan harus ada di mobil Anda, meski mobil sedang tidak digunakan. Sebab, peralatan ini penting keberadaannya. Selain menambah kenyamanan, peralatan ini menunjang keamanan di jalan, membantu ketika terjadi insiden, ataupun berguna saat kendaraan sedang bermasalah.

Berikut peralatan wajib yang harus ada di mobil :


Dongkrak

Dongkrak menjadi peralatan vital yang wajib ada di dalam mobil. Keberadaan dongkrak akan sangat berguna ketika terjadi keadaan darurat. Saat memerlukan penggantian ban di perjalanan, dongkrak amat diperlukan. Begitu pula halnya ketika ada masalah di bagian bawah mobil. Dongkrak bisa digunakan. Lalu kalau mobil terperosok ke luar jalan, dongkrak akan bermanfaat.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Sedemikian vital kegunaannya, dongkrak diharapkan selalu tersimpan di mobil. Pengemudi bisa menggunakannya sewaktu-waktu ketika membutuhkan.

Kotak P3K

Siapa saja pasti tidak akan mau mengalami kecelakaan. Namun, jika hal itu terjadi, kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) akan sangat membantu. Kotak P3K merupakan salah satu peralatan yang harus ada di dalam mobil. Keberadaannya sangat penting, sehingga biasanya sudah disediakan oleh produsen mobil sejak pertama kali mobil dibeli.

Pastikan kotak P3K selalu ada di dalam mobil. Isi dengan kebutuhan yang krusial dalam keadaan darurat seperti perban, kapas, obat antiseptic, gunting, dan aneka jenis obat-obatan lain. Namun, sempatkan juga sesekali untuk mengecek masa kedaluwarsanya sehingga tetap bisa dipakai.

Kunci Roda & Tool Set

Kunci roda dan tool set harus pula dimasukkan ke dalam mobil. Perkakas tersebut akan sangat membantu saat terjadi insiden. Kunci roda diperlukan untuk mengganti ban. Sedangkan aneka jenis peralatan di tool set berguna untuk ketika ingin memperbaiki kerusakan mobil.

Momen saat membutuhkannya memang tidak bisa ditentukan. Namun, justru karena itulah, kunci roda dan tool set diperlukan ketika saat-saat darurat hadir. Kabel Jumper Problem aki merupakan salah satu gangguan paling umum di mobil. Kalau aki bermasalah, mobil tidak akan bisa dihidupkan. Mau tak mau mobil harus ditinggal.

Namun, jika memiliki kabel jumper di dalam mobil, kondisinya bisa berbeda. Cukup hubungkan kabel jumper dari aki mobil dengan aki kendaraan lain. Mobil akan bisa hidup kembali. Saat itu pengemudi bisa membawanya ke bengkel untuk diperbaiki atau berkesempatan mencari aki baru ke toko terdekat.

Advertisement

Segitiga Pengaman

Saat terjadi keadaan darurat, mobil harus menepi dan berhenti di pinggir jalan. Dalam kondisi seperti itu, segitiga pengaman harus dipasang di bagian belakang dan depan mobil. Keberadaannya menjadi penanda bagi kendaraan lain bahwa ada kendaraan bermasalah yang terparkir.

Segitiga pengaman memang didesain untuk memberi peringatan. Bahan dan warnanya mudah terlihat serta bisa memendarkan cahaya pada malam hari. Berguna sekali dalam untuk keamanan kendaraan yang berhenti darurat.

Pemadam Api

Masukkan pemadam api ke dalam daftar peralatan yang harus ada di dalam mobil. Alat tersebut akan sangat berguna jika terjadi kebakaran di mobil. Jangan kira potensi kebakaran di mobil kecil. Peluangnya tetap ada. Bukan hanya di mobil lama, kendaraan baru pun bisa mengalaminya kalau terjadi korslet di kelistrikan mobil. Maka, sebagai antisipasi, sediakan pemadam api di dalam mobil.

Advertisement

Pemecah Kaca

Pemecah kaca akan bermanfaat ketika harus keluar dari kendaraan tanpa bisa melalui pintu. Bisa jadi hal itu terjadi karena pintu dan jendela macet. Agar bisa ke luar, mau tak mau kaca harus dipecahkan. Dalam kondisi seperti itu, pemecah kaca akan sangat berguna. Jadi, siapkanlah selalu di mobil.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Juventus Mulai Bernegosiasi untuk Gaet Pulisic dari Chelsea

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement