Advertisement

Jangan Diteruskan, Kebiasaan Buruk Ini Bikin Mobil Cepat Rusak

Jumali
Minggu, 27 Februari 2022 - 17:17 WIB
Jumali
 Jangan Diteruskan, Kebiasaan Buruk Ini Bikin Mobil Cepat Rusak Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAMobil rusak terjadi tidak hanya karena kurangnya perawatan. Tetapi, bisa saja karena perilaku dan kebiasaan buruk dari pemakainya. Berikut kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pengemudi mobil yang dapat membuat mobil menjadi cepat rusak.

- Kopling

Salah satu kebiasaan buruk bagi pengguna mobil adalah menahan kopling pada saat terjadi kemacetan. Hal ini memang memudahkan saat ingin memajukan mobil daripada memindahkan gigi ke posisi netral, namun berdampak buruk pada mesin.

Advertisement

- Starter

Kebiasaan langsung menstarter mobil akan merusak mesin mobil. Seharusnya Anda menunggu lampu indikator mati sebelum menstarter mobil. Hal ini dilakukan untuk memberi waktu sistem injeksi mobil menerima data dari komponen mesin dan kondisi lingkungan saat mobil dinyalakan.

- Gigi netral di jalan menurun

Memposisikan gigi netral pada jalan menurun tidak hanya akan membuat mobil rusak tapi menyebabkan kecelakaan.

- Asal-asalan

Ada beberapa contoh mengemudikan mobil asal-asalan, misalnya seperti memindahkan gigi dengan perpindahan yang kasar dan lupa menginjak kopling pada gigi manual. Hal ini membuat transmisi dan kopling mobil menjadi lebih rentan kerusakan.

- Lampu mobil

Ketika mobil dalam keadaan mati, lampu mobil tidak boleh dinyalakan secara terus menerus. Hal ini dapat berakibat buruk terhadap mobil.

- Kondisi ban

Meskipun ban menjadi komponen yang tidak perlu perawatan khusus, namun pemilik mobil harus selalu mengecek kondisi ban. Kondisi ban yang gundul atau kurang tekanan angin dapat mempengaruhi keamanan dan performa kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Berikut Tim yang Lolos ke Semifinal Liga Europa 2024 dan Jadwal Pertandingannya

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement