Advertisement

Setang Motor Bergetar, Cek Hal Ini

Jumali
Rabu, 16 Februari 2022 - 07:07 WIB
Jumali
Setang Motor Bergetar, Cek Hal Ini Pengunjung melihat-lihat sepeda motor New CB150X di booth Honda area Enduro, kompleks Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/11/2021). - Istimewa/AHM

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Setang bergetar saat mengendarai sepeda motor tentu membuat kita tidak nyaman. Jika sudah medapatkan kondisi setang bergetar, ada baiknya Anda menghentikan perjalanan dan mengecek beberapa komponen di bawah ini :

- Ban

Yang perlu diperiksa adalah sisi permukaan ban masih rata atau tidak. Begitu pula dengan tekanan ban.

- Pelek

Biasanya getar berlebih muncul akibat ada bagian pelek yang bengkok atau retak. Putar dan perhatikan gerakan roda depan dalam kondisi motor standar ganda.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

- Shock absorber

Sebagai peredam kejut, batang shock absorber harus lurus di kedua sisi. Jika tidak, tentu bisa menimbulkan getar tambahan saat melindas jalan tidak rata.

- Bearing

Jika bearing roda sudah aus, dapat membuat setang terasa getar. Untuk memeriksanya, goyangkan roda depan ke kiri dan ke kanan. Apabila terasa goyang berarti bearing roda perlu diganti.

- Komstir

Untuk mengecek komstir bisa dilakukan dengan memposisikan motor dengan standar tengah, lalu tekan ujung batang/tabung shock absorber depan ke atas dan bawah. Jika ada gerakan atau goyang, berarti komstir bermasalah.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Juventus Mulai Bernegosiasi untuk Gaet Pulisic dari Chelsea

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement