Advertisement

Penyebab Lampu Depan Mobil Mendadak Mati

Jumali
Rabu, 16 Februari 2022 - 04:27 WIB
Jumali
Penyebab Lampu Depan Mobil Mendadak Mati Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Lampu depan adalah komponen vital dari mobil. Utamanya saat Anda melaju dengan mobil pada saat malam hari.

Namun, apa jadinya jika lampu depan mobil Anda mati mendadak? Berikut beberapa penyebab lampu depan mobil mendadak mati yang perlu diketahui :

- Bohlam putus

Bohlam lampu putus menjadi penyebab lampu depan mobil mati mendadak.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

- Kabel lampu

Kabel lampu putus bisa menyebabkan lampu depan mobil mati. Cek kabel-kabel, apakah usia dan kualitasnya sudah mulai menurun. Bisa juga kabel tersebut digigit hewan pengerat.

- Sekring

Sekring putus menjadi penyebab lampu depan mobil mati. Sekring bisa putus disebabkan beberapa hal seperti hubungan pendek arus listrik atau korslet, lampu yang digunakan melebihi daya spesifikasi tanpa menambah relay set, atau penggunaan sekring pengganti dengan ukuran lebih kecil.

- Relay

Cara mengetahui relay mati yaitu dengan cara menyentuh relay kemudian operasikan switch lampu depan dan pastikan pada saat mengoperasikan switch, relay berbunyi klik dan terasa entakan kecil dari dalam relay. Jika hal ini tidak terjadi maka dapat disebabkan switch bermasalah, kabel putus, atau relay mati.

- Kurang stabil

Penyebab lain lampu depan mobil mati adalah tegangan pada sistem kelisrikan kurang stabil. Sistem kelistrikan yang tidak stabil atau terlalu tinggi menyebabkan lampu depan mobil tiba-tiba mati total.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Juventus Mulai Bernegosiasi untuk Gaet Pulisic dari Chelsea

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement