Advertisement

Electric Starter Motor Mati, Cek Hal Ini

Jumali
Selasa, 15 Februari 2022 - 09:47 WIB
Jumali
Electric Starter Motor Mati, Cek Hal Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAElectric starter telah menjadi sebuah fitur standar yang harus ada di motor. Sebab, diharapkan dengan keberadaan electric starter pengendara akan mudah menyalakan mesin.

Namun, apa jadinya jika electric starter tersebut mati. Alhasil, para pengguna motor akan kesulitan dalam menyalakan mesin. Untuk Anda harus melakukan pengecekan terhadap beberapa hal di bawah ini jika electric starter motor Anda mati :

- Aki

Pastikan aki motor Anda tidak melemah.Biasanya indikasi aki motor melemah adalah start masih berbunyi, tetapi tidak kuat untuk menghidupkan mesin.

- Switch starter

Switch starter adalah komponen yang bertugas menghubungkan dan memutus arus listrik. Cara mengeceknya dengan menyambungkan kabel antara switch starter. Apabila electric start berfungsi, kemungkinannya switch starter dalam kondisi kotor atau rusak.

- Relay

Relay adalah komponen yang memiliki fungsi utama untuk menyambungkan arus listrik yang dikirim oleh aki ke dynamo starter. Biasanya relay ini bagian kutubnya ada yang kotor dan menjadi penghalang bagi arus listrik dari aki. Cukup dengan dibersihkan masalah pun bisa selesai.

- Dynamo starter

Kerusakan dynamo starter tergolong cukup langka dan biasanya terjadi pada motor yang sudah berumur lawas. Umumnya disebabkan karena arang kumparan (brush) terputus atau gosong akibat korslet atau lainnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jersey Inter Milan Bakal Tanpa Logo Sponsor, Ini Alasannya

Sepakbola
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 03:57 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement